106 Taruna Ikuti Kuliah Umum Legalitas Aktivitas Militer di ZEEl

Jakarta Greater  –   Sebanyak 106 Taruna AAL Tingkat lV Angkatan ke-67 mengikuti Kuliah Umum Legalitas Aktivitas Militer di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) secara virtual pada Sabtu 3-9-2021di Gedung Mas Pardi, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, dirilis Bagpen AAL pada Minggu 5-9-2021.

Panglima Komando Armada ll, Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, M.A.P., M.Tr, hadir dalam Kuliah Umum bagi Taruna tingkat akhir kali ini sebagai narasumber utama dengan moderator Dhiana Puspitawati, S.H., LLM., PhD. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Malang).

Komandan Resimen AAL, Kolonel Laut (P) Arief Budiman, M.Tr.Opsla, Kasubditlat Ditdik AAL dan para Pengasuh Taruna di jajaran Resimen AAL lainnya, hadir mendampingi Taruna AAL, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Narasumber utama Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto dalam kuliah umum ini, menyampaikan materi tentang Perspektif Keamanan Laut, dimana laut harus bebas dari ancaman kekerasan, laut bebas dari ancaman sumber daya laut, laut bebas dari ancaman navigasi dan laut bebas dari ancaman pelanggaran hukum.

WhatsApp Image 2021 09 05 at 07.53.59 1

Kemudian Narasumber utama menjelaskan tentang keamanan laut ini dikaitkan dengan Hukum Laut Kontemporer (UNCLOS 1982), UU No.3 Tahun 2002 sebagai landasan operasional, UU No.3 tahun 1983 tentang ZEEI dan pengaruh kegiatan mIliter asing di ZEEI.

Dibahas juga mengenai langkah Indonesia menghadapi kegiatan mIliter asing di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, batas maritim Indonesia, prioritas politik, insiden pelanggaran kedaulatan dan insiden perbatasan Pro dan Kontra.

Dalam kesempatan mengikuti Kuliah Umum Legalitas Aktivitas Militer di ZEEI tersebut, para Taruna tampak antusias mengikuti kuliah umum, hal tersebut terlihat dari banyaknya taruna yang bertanya ketika sesi tanya jawab dibuka moderator Dhiana Puspitawati.

.

Leave a Comment