Presiden Tinjau Latihan Militer TNI AD

Ogan Komering Ulu – TNI AD menggelar latihan tempur di pusat latihan tempur TNI AD, Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan.  Latihan tempur ini rencananya akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Latihan ini melibatkan berbagai satuan di angkatan darat dan 156 alutsista. Demonstrasi tempur akan dibuka dengan aksi terjun payung yang dilakukan oleh pasukan Lintas Udara (Linud) Angkatan Darat. Aksi kemudian dilanjutkan dengan penembakan meriam dengan mortil aktif ke arah sasaran.

“Setelah itu tank-tank bergerak menyerang sasaran,” kata Koordinator Wartawan Dispenad TNI, Kapten Suwandi di Baturaja, OKU, Sumatera Selatan, Selasa (16/6/2015).

Tank-tank yang diturunkan adalah tank Scorpion, tank AMX 13, tank Marder, Stormer, M113A1, tank jembatan Scorpion, AVLB dan tank Leopard ditambah dengan panser Anoa dan panser Tarantula. Sasaran-sasaran itu tersebar di seluruh area latihan tempur seluas 25 km persegi ini.

Area tersebut telah disterilkan dari warga dan umum. Sehingga lokasi ini aman untuk latihan pertempuran.

Demonstrasi ini melibatkan sebanyak 4.227 prajurit dan 156 kendaraan tempur. Latihan ini dilaksanakan dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan tempur yang diorganisir dengan memadukan kerjasama antar kecabangan dan berbagai macam alutsista yang ada. Latihan melibatkan Prajurit dan Satuan jajaran Angkatan Darat dari berbagai macam Kecabangan.

Demonstrasi ini rencananya akan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo, Menhan Ryamizard Ryaccudu, Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan KSAD Jenderal Gatot Nurmantyo.

Detik.com