Satgas Pamtas Yonif M 403/WP Bangun Gapura di Perbatasan RI-PNG

JakartaGreater –   Satgas Pamtas TNI Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratis/Kodam IV/Diponegoro Bangun Gapura Merah Putih di Wilayah Perbatasan RI-PNG, wujud Karya Bhakti TNI.

Salah satu bentuk kegiatan dari Karya Bhakti TNI di daerah penugasan yaitu dengan membuat kegiatan yang bertema warna merah dan putih di wilayah perbatasan NKRI, dengan tema merah putih tersebut prajurit Pos Kout Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP mendirikan gapura selamat datang dengan latar warna merah dan putih di Kp. Workwana, Distrik Arso, Kab. Keerom, Papua, dirilis Situs TNI pada 6-9-2021..

Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., menyampaikan hal tersebut dalam rilis tertulisnya pada Senin 6-9-2021 di Kabupaten Keerom, Papua.

Dansatgas Letkol Inf Ade Pribadi Siregar mengungkapkan bahwa pembangunan gapura merah putih ini sesuai dengan hasil kesepakatan musyawarah yang telah dilaksanakan sebelumnya antara Pos Kout dengan Pihak PTPN II Arso, tokoh adat dan tokoh masyarakat desa setempat.

“Saat proses pembuatannya yang masih dalam nuansa hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, maksud dari pembuatan gapura secara gotong royong ini juga untuk menumbuhkan sikap saling bekerjasama, saling membantu serta membina hubungan sinergitas yang baik antara prajurit Satgas TNI dan warga,” kata Dansatgas Letkol Inf Ade Pribadi Siregar.

“Selain itu, uniknya, gapura yang biasanya dibangun menggunakan full dari bahan semen, namun kali ini kami justru menggunakan variasi dari batangan besi, semen dan susunan papan yang dirangkai sedemikian rupa, walau dengan bahan sederhana tapi dengan perpaduan warna merah dan putih gapura yang didirikan jadi bagus dipandang mata,” ujar Letkol Inf Ade Pribadi Siregar.

Danpos Kout Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letda Inf Sumarno di tempat terpisah mengatakan, bahwa antusias dan semangat warga untuk mendirikan gapura merah putih ini, menunjukkan besarnya bentuk kecintaan dan semangat patriotisme warga terhadap bangsa dan Negara Indonesia tercinta ini.

“Kami sengaja memilih tema warna merah dan putih sebagai simbol jiwa semangat TNI dan warga perbatasan yang cinta Indonesia, meskipun apa yang kami lakukan ini sangatlah sederhana, mudah-mudahan dapat bermanfaat,” kata Sumarno.

Ketua Rukun Tetangga Kampung Workwana Bapak Yacob Wambrauw, 53 tahun mengungkapkan bahwa kerjasama sebagai mitra dalam menumbuhkan jiwa semangat patriotisme, cinta tanah air dan bela negara masyarakat di wilayah perbatasan dengan wujud kebersamaan mendirikan gapura selamat datang yang bertema warna merah putih ini, mendapat apresiasi dari warga kampung workwana, oleh sebab itu warga mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar besarnya.

“Puji syukur berkat bapak-bapak Tentara Pos Kout Yonif 403, di kampung kami telah berdiri gapura selamat datang berwarna merah putih yang mencerminkan semangat warga kami dan TNI di wilayah perbatasan, sehingga masih terasa semarak kemerdekaan RI di tahun ini dan jadi lebih meriah dengan adanya gapura baru di kampung Workwana,” kata Yacob.

Leave a Comment