Indonesia Akan Dominasi Perekonomian Dunia

Jakarta – Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia mengeluarkan pernyataan yang cukup mengejutkan. Pihak kedutaan menyebut Indonesia akan mendominasi perekonomian dunia di abad ke-21 bersama China dan India. Alasannya, jumlah populasi di tiga negara tersebut sangat besar

“Berdasarkan penelitian di pemerintahan kami, masa depan perekonomian dunia akan didominasi oleh negara dengan populasi terbanyak yang didukung oleh potensi pertumbuhan ekonomi, seperti Indonesia,” kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik seperti dilansir Antara, Selasa (16/6).

Moazzam mengatakan, posisi Inggris sebagai negara dengan populasi menengah bergantung pada kemitraan atau kerja sama yang kuat dengan negara, seperti Indonesia.

Menurut pemerintah Inggris, Indonesia merupakan salah satu negara unik dengan banyak keragaman, demokratis, penuh toleransi, memiliki penduduk mayoritas Islam, dan tentunya berpotensi mendominasi perekonomian dunia.

Oleh karena itu, pemerintah Inggris menurutnya akan mempererat kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang, seperti investasi, kesehatan, pendidikan, manajemen, bahkan pemecahan solusi atas permasalahan dunia.

Sementara itu, Menko Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan nilai investasi Inggris di Indonesia pada 2013 mencapai USD 3 miliar dan terus meningkat pada 2014 menjadi USD 5,1 miliar.

Merdeka.com