Prancis Pasang Sistem Pertahanan Udara MAMBA di Timur Tengah

Prancis Tempatkan Sistem Pertahanan Udara MAMBA di Timur Tengah

Sejak bulan Agustus 2021, militer Prancis menempatkan sistem pertahanan darat-ke-udara MAMBA (SAMP/T) generasi baru ke Pangkalan Udara Proyeksi (forward) (BAP) di Levant (*Yordania). Ini adalah penempatan pertama untuk sistem senjata MAMBA (SAMP/T) yang biasanya digunakan di metropolitan Prancis, sebagai bagian dari perlindungan pangkalan udara dan juga selama perangkat keamanan udara khusus (DPSA).

MAMBA surface to air defense system 121

Sistem Pertahanan Darat ke Udara MAMBA di Levant, 1/9/2021. (@ France Defense Ministry)

Tujuan penyebaran sistem pertahanan darat-ke-udara MAMBA generasi baru di Levant: mengkonsolidasikan kemitraan dengan Yordania, menyebarkan sistem di Timur Tengah di bawah kondisi operasional yang realistis dan akhirnya, berlatih dengan angkatan udara mitra, selama latihan anti-pertahanan udara bersama, ungkap situs Kementerian Pertahanan Prancis, 1/9/2021.

Prancis Tempatkan Sistem Pertahanan Udara MAMBA di Timur Tengah 2

Sistem Pertahanan Darat ke Udara MAMBA di Levant, 1/9/2021. (@ France Defense Ministry)

Perangkat MAMBA next generation ini terdiri dari lima modul: pusat manajemen pertahanan dalam dimensi 3 e (CMD3D), sistem pengendalian tembakan yang terdiri dari modul yang menarik (ME), modul radar dan IFF [1] (MRI), Modul Pembangkit Energi (MGE). ), dan Modul Peluncuran Darat (MLT). Ditandai dengan mobilitasnya yang tinggi, sistem senjata ini dilengkapi dengan daya tembak yang memungkinkan untuk menyerang hingga sepuluh target secara bersamaan dalam radius 60 kilometer.

Prancis Tempatkan Sistem Pertahanan Udara MAMBA di Timur Tengah 3

Sistem Pertahanan Darat ke Udara MAMBA di Levant, 1/9/2021. (@ France Defense Ministry)

Operator Detasemen Pertahanan Darat-ke-Udara (DET DSA) mengoperasikan sistem senjata MAMBA dalam kondisi cuaca ekstrem.

Latihan harian dilakukan selama penempatan, baik dengan BAP Rafales di Levant, pesawat dari negara mitra atau Pasukan Koalisi dari Operasi INHERENT RESOLVE (OIR) yang kembali dari misi mereka.

Tujuannya adalah untuk menguji kemampuan intersepsi dan keterlibatan MAMBA, dalam skenario yang kompleks dan untuk menguji interoperabilitasnya dengan sumber daya yang terkait.

Prancis Tempatkan Sistem Pertahanan Udara MAMBA di Timur Tengah 5

Sistem Pertahanan Darat ke Udara MAMBA di Levant, 1/9/2021. (@ France Defense Ministry)

Bagi Komandan François, kepala DET DSA, ada empat tantangan utama dari penyebaran ini: latihan dengan mitra kami, menguji kapasitas sistem senjata untuk melindungi tempat di mana elemen Prancis ditempatkan dari serangan udara, menguji kemampuan proyeksi MAMBA dan mengkonfirmasi interoperabilitasnya.

Melalui penempatan ini, Prancis mempertahankan hubungan bilateral dengan Yordania. Ia juga bermaksud untuk menggambarkan keinginan dan kapasitasnya untuk melindungi kepentingannya dan kepentingan para mitranya di Timur Dekat dan Timur Tengah. Pengerahan ini juga menunjukkan bahwa itu adalah kekuatan yang mampu menyebarkan sistem senjata modern, terintegrasi, dan dapat dioperasikan dalam tenggat waktu yang ketat.

Prancis Tempatkan Sistem Pertahanan Udara MAMBA di Timur Tengah 6

Sistem Pertahanan Darat ke Udara MAMBA di Levant, 1/9/2021. (@ France Defense Ministry)

* Istilah Wilayah Levant biasanya digunakan untuk merujuk kepada Wilayah: Lebanon, Suriah, Irak, Palestina, dan Yordania. Negara-negara ini mencakup total gabungan hampir 730.000 kilometer persegi, atau sekitar 0,5 persen dari luas daratan dunia, dan wilayah tersebut memiliki garis pantai Mediterania yang membentang sekitar 500 kilometer di sepanjang front timurnya.

Prancis Tempatkan Sistem Pertahanan Udara MAMBA di Timur Tengah 7 e1630948709469

Sistem Pertahanan Darat ke Udara MAMBA di Levant, 1/9/2021. (@ France Defense Ministry)

Sejarah Operasi

Diluncurkan pada 19 September 2014, Operation CHAMMAL mewakili komponen Prancis dari operasi internasional INHERENT RESOLVE (OIR) yang menyatukan 78 negara dan 5 organisasi internasional. Dalam koordinasi dengan pemerintah Irak dan sekutu Prancis yang hadir di teater, Operasi CHAMMAL memberikan dukungan militer kepada pasukan lokal yang terlibat dalam perang melawan Daesh (ISIS) di wilayah mereka, terutama untuk mencegah kebangkitan Daesh.

Koalisi Internasional terus-menerus mengadaptasi sistemnya ke Levant, sekarang berfokus pada mendukung dan menasihati pasukan Irak sehingga mereka pada akhirnya dapat memastikan keamanan negara sendiri sehingga pemerintah Irak dan organisasi internasional dapat bertindak demi kepentingan Irak. stabilitas negara.

Leave a Reply