Nota Kesepahaman Kemhan RI dengan Unair dan ITS

Menhan juga mengapresiasi hasil-hasil penelitian yang diperlihatkan oleh dua universitas tersebut, di antaranya vaksin yang dikembangkan oleh Unair dan ventilator, oksigen konsentrator, sepeda motor listrik, dan teknologi kapal selam yang dikembangkan oleh ITS.

Surabaya, JakartaGreater   –   Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, melaksanakan kunjungan kerja pada Senin 6-9-2021  ke Perguruan Tinggi Negeri Universitas Airlangga (Unair) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), sekaligus menyaksikan acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Pertahanan (Kemhan) dengan Kedua Perguruan Tinggi itu.

“Mari kita sama-sama mewujudkan pertahanan negara Indonesia yang kuat, tangguh dan mandiri melalui kegiatan kerja sama pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi”, kata Menhan dalam sambutannya, dirils situs Kemhan RI, Senin 6-9-2021.

Menhan Prabowo Subianto menjelaskan, bahwa Penandatanganan Nota Kesepahaman ini, bertujuan memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki oleh Kemhan dan Perguruan Tinggi Negeri dalam hal ini Unair dan ITS secara maksimal, demi mendukung upaya penyelenggaraan pertahanan negara.

Dengan penandatanganan Nota Kesepahaman ini, Menhan menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada pihak Unair dan ITS atas terwujudnya jalinan hubungan kerja sama, yang diharapkan dapat membangun komitmen dan sinergitas melalui penyelenggaraan kegiatan pendidikan, penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ajak e1630975819395
Nota Kesepahamam Kemhan RI dengan Unair dan ITS. (@Kemhan RI)

Sementara ruang lingkup Nota Kesepahaman antara Kemhan RI dengan Unair dan ITS antara lain yaitu :

– Pertama, Penyelenggaraan Pendidikan, Pelatihan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Pengembangan Kelembagaan.

– Kedua, Penyelenggaraan Kolaborasi Riset dan Pengembangan Sumber Daya.

-Ketiga, Penyelenggaraan Kegiatan Ilmiah, Kajian Ilmiah, Seminar dan Lokakarya.

-Keempat, Penyediaan Komponen Pendidikan dan Tenaga Ahli.

-Kelima, Kegiatan lainnya yang disepakati oleh Kemhan RI, Unair serta ITS.

Dalam kunjungan ini, Menhan juga mengapresiasi hasil-hasil penelitian yang diperlihatkan oleh dua universitas tersebut, di antaranya vaksin yang dikembangkan oleh Unair dan ventilator, oksigen konsentrator, sepeda motor listrik, dan teknologi kapal selam yang dikembangkan oleh ITS.

Menhan Prabowo Subianto bersama Rektor Unair Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., CMA., dan Rektor ITS Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., selama kunjungan kerja tersebut didampingi oleh ; Rektor UNHAN RI Laksdya TNI Prof. Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., CIQnR., CIQaR., IPU., Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan Negara Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, Kabaranahan Kemhan Marsda TNI Yusuf Jauhari, M.Eng., dan Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong.

Leave a Comment