Marinir Indonesia Uji Tembak Senapan Serbu VSK 100-223

JakartaGreater  –   Wadankormar Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi menghadiri uji coba senjata serbu (Assault Rifle) VSK 100-223 buatan Great Bear Technology Bugaria LTD. Uji coba yang dilakukan oleh PT. Berdikari Muda Persada di Lapangan Tembak Jusman Puger Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta, Selasa, 7-9-2021.

Prajurit Marinir Indonesia Uji Tembak Senapan Serbu VSK 100-223

Senjata Assault Rifle VSK 100-223 merupakan senjata jenis senapan serbu untuk perorangan yang berasal dari negara Bulgaria dan mempunyai kaliber 5,56 mm, ungkap situs TNI AL, 7/9/2021.

Kegiatan uji coba diawali dengan sambutan Kepala Dinas Penelitian Pengembangan Angkatan Laut (Kadislitbangal) Laksma TNI Agus Karminto, yang berpesan agar uji coba dilaksanakan dengan semaksimal mungkin dengan tetap memperhatikan faktor keamanan pada setiap uji coba menembak.

Prajurit Marinir Indonesia Uji Tembak Senapan Serbu VSK 100-223

Presentasi kemudian dilakukan oleh perwakilan PT. Berdikari Muda Persada tentang karakteristik dari senjata Assault Rifle VSK 100-223 dan dilanjutkan dengan sesi diskusi serta tanya jawab.

“Uji coba ini sangat diperlukan sebagai masukan dari calon pengguna pihak Dislitbangal tentang apa-apa saja kekurangan yang ada pada senjata ini, sebelum senjata ini diadakan untuk para prajurit TNI AL melalui Kementerian Pertahanan, sehingga TNI AL sebagai end user dapat menggunakan dan memanfaatkan senjata ini dengan sebaiknya-baiknya,” ujar Laksma TNI Agus Karminto.

Prajurit Marinir Indonesia Uji Tembak Senapan Serbu VSK 100-223

Saat uji coba, senjata diuji tingkat keakurasian dan kehandalannya, setelah direndam di berbagai kondisi, seperti air laut, di lumpur dan di pasir yang kemudian ditembakkan oleh salah satu penembak dari prajurit Korps Marinir Serma Mar Asep Mulyadi dengan mode tembakan tunggal maupun mode tembakan otomatis.

Prajurit Marinir Indonesia Uji Tembak Senapan Serbu VSK 100-223

Turut hadir pada kesempatan uji coba senjata Assault Rifle VSK 100-223 tersebut, Pati Sahli Kasal bidang Ekojemen Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso, Ir Kormar Brigjen TNI (Mar) Lasmono, Asintel Dankormar, Aslog Dankormar, Asrena Dankormar.