Video Penutupan Latihan Militer TNI AD – US Army 2021

Latihan militer bersama antara Militer Indonesia TNI AD dengan US Army di Garuda Shield 2021, memberikan pengalaman berharga bagi kedua negara.

Garuda Shield yang ke-15 tahun ini merupakan latihan terbesar yang dilaksanakan oleh kedua negara untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Garuda Shield 2021 diselenggarakan tanggal 4 sampai 14 Agustus 2021, di tiga tempat berbeda, yaitu: Puslatpur Kodiklatad-Baturaja, Amborawang- Kalimantan Timur, dan Makalisung – Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Selain membuka, latihan ini pun ditutup Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Komandan Jenderal Angkatan Darat Pasifik Amerika Serikat Jenderal Charles A. Flynn, di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan.

Tujuan dari Latihan Bersama ini bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan prajurit, melainkan juga untuk mengembangkan materi pelajaran lain, seperti:  Prosedur Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT), Drill Taktis, penggunaan Multiple Integrated Laser Engagement (MILES), penggunaan Phase Line berupa pengiriman hasil intai daerah operasi menggunakan Drone (UAS) ke Heli Apache, dan penembakan roket ASTROS serta HIMARS.

Latihan Militer TNI AD – US Army, Garuda Shield 2021. (@TNI AD)

Materi lain yang dilatihkan adalah Field Training Exercise (FTX), Live Fire Exercise (LFX), Aviation dan Medical Exercise (Medex) serta 2 program latihan yang akan digabungkan, yaitu Joint Combined Exchange Training (JCET), dan Garuda Airborne.

Latihan bersama Garuda Shield Ke-15 juga melakukan penerjunan bersama 670 personel AD AS dan personel TNI AD dari Kostrad dan perwakilan seluruh Kodam yang berkualifikasi Para atau Lintas Udara menggunakan pesawat C-17 Globemaster milik AD AS di Puslatpur Kodiklatad-Baturaja.

Sebelumnya, para penerjunan bersama 670 personel AD AS dan personel TNI AD berlatih bersama Prajurit dari 82nd Airborne Division, US Arm dalam program ”Garuda Airborne” di Markas 82nd Airborne Division UD Army di Kota Fort Bragg Negara Bagian Carolina Utara selama 2 pekan.

Garuda Shield-15/2021, melibatkan penyelenggara dan pelaku sebanyak 2.246 orang personel TNI AD dan 2.282 personel US Army.