Delegasi TNI AL Kunjungi Markas Marinir Amerika Serikat

Jakarta Greater – Delegasi TNI AL diwakili Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, mengunjungi markas Marinir Amerika Serikat, di HQ MEF Camp Pendleton, California dan ESG 3 di 3rd Fleet Pangkalan San Diego, AS.

Kunjungan ini bagian dari peninajauan terhadap latihan bersama Recon Exercise (Reconex) antara TNI Angkatan Laut dan 1st Marines Expeditionary Force (MEF), ungkap Dinas Penerangan TNI AL, 10-9-2021.

Dalam kunjungan ini delegasi TNI AL membahas dan melakukan observasi Latihan Bersama (Latma) Bilateral Reconex 2021 yang digelar sejak tanggal 1 sampai 14 September 2021 di Camp Pendleton, California, AS.

Asops Kasal beserta delegasi TNI AL lainnya bertemu dengan jajaran pimpinan MEF USMC Letnan Jenderal Karsten Heckl, Mayor Jenderal Roger Turner dan Brigadir Jenderal Ryan Rideout.

Delegasi TNI AL Kunjungi Markas Marinir Amerika Serikat

Pada pertemuan ini delegasi TNI AL menerima paparan tentang organisasi MMEF, penjelasan tentang Latma Reconex yang saat ini sedang berlangsung dilanjutkan dengan diskusi dan ditutup dengan pertukaran cinderamata antar pejabat TNI AL maupun USMC.

Setelah melaksanakan kunjungan di Markas MEF Camp Pendleton, delegasi TNI AL bergerak menuju AAV Battalion untuk menerima penjelasan tentang AAV beserta seluruh komponen pendukungnya.

Kegiatan ditutup dengan kunjungan kerja kepada ESG 3 Commander RDML Michael Wayne Baze dimana ESG 3 merupakan salah satu komponen yang berada dibawah 1st MEF dan memiliki peranan penting dalam Operasi Amfibi AS. Kunjungan diakhiri dengan tour fasilitas di USS San Diego dan pertukaran cinderamata.