Rusia dan Belarus Perkuat Pertahanan Bersama dengan Su-30SM

su 30 belarus 2

Minsk, JakartaGreater  –  Pesawat tempur Su-30SM Angkatan Udara Rusia tiba di Belarus dalam rangka pembentukan pusat pelatihan Angkatan Udara dan Pertahanan Udara gabungan kedua negara, ungkap layanan pers Kementerian Pertahanan Belarusia di saluran Telegramnya, Rabu 8-9-2021.

“Pesawat Su-30SM Angkatan Dirgantara Rusia tiba di bandara Baranovichi untuk mendirikan pusat pelatihan Angkatan Udara dan Pertahanan Udara bersama Rusia dan Belarusia,” kata pernyataan itu, dikutip TASS.

Pilot kedua negara diharapkan melakukan patroli bersama di perbatasan udara Negara Serikat, ujar Kementerian.

Pada 28 Agustus 2021, unit pertahanan udara Rudal Rusia tiba di Grodno Belarus.

Keputusan untuk mendirikan pusat pelatihan bersama dibuat dalam pembicaraan Menteri Pertahanan kedua negara pada 5 Maret 2021.

Sebanyak 3 pusat pelatihan direncanakan, 2 lainnya berlokasi di Wilayah Nizhny Novgorod dan Kaliningrad Rusia.

1548919756 su 30 belarus e1631147817995

Jet Tempur Su-30SM Belarus. (@rcity.by – commons.wikimedia.org)

Karakter Pesawat Tempur Su-30SM

Su-30SM (serial, dimodernisasi) adalah jet tempur generasi 4++ super-manuver dengan 2 kursi. Dilengkapi dengan mesin twin two-contour turbojet AL-31FP dengan vektor dorong yang dapat disesuaikan.

Pesawat ini memiliki jangkauan 1.500 kilometer dan dapat terbang hingga 3,5 jam tanpa mengisi bahan bakar.

Su-30SM adalah pesawat yang lebih modern di lini Su-30. Pesawat ini melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 2012, dan sejak itu telah secara aktif dipasok terutama ke militer dan pasukan luar angkasa Rusia.

Su-30SM milik generasi 4+ dan dirancang untuk mendapatkan supremasi udara. “4+” berarti pesawat sudah melebihi kemampuan pesawat tempur generasi keempat, tetapi tidak mencapai generasi kelima.

Meskipun disebut sebagai “pesawat superioritas udara”, Su-30SM juga dapat mengenai target darat. Rudal berpemandu untuk pertempuran udara pada jarak menengah atau pendek, peluru kendali atau bom udara – pesawat dapat membawa hingga 8 ton senjata.

Pengisian elektronik Su-30M dibuat berdasarkan “arsitektur papan terbuka”, yaitu, mudah untuk mengintegrasikan sistem baru dari produksi domestik dan asing ke dalamnya.

Su-30SM dilengkapi dengan mesin dengan vektor dorong terkontrol, yang memberikan pesawat kemampuan manuver super – dalam indikator ini, bahkan pesawat generasi kelima tidak dapat dibandingkan dengannya.

Tidak ada teknologi siluman dalam Su-30SM namun memiliki alat perlindungan berupa sistem radar yang menekan radar musuh.

*Foto: Jet Tempur Su-30SM. (@UAC Russia)

Leave a Reply