Misi Pesawat Tempur F/A-18 Hornet AS saat Evakuasi di Afghanistan

Evakuasi non tempur yang dilakukan pesawat angkut Amerika Serikat dari Afghanistan tidak lepas dari peran Pesawat tempur F/A-18 Hornet Angkatan Laut AS yang menjaga evakuasi lewat udara itu berlangsung dengan aman.


Pesawat Tempur F/A-18 Hornet AS terbang di atas Afghanistan, 20/8/2021. (@USAF – Tech. Sgt. Michelle Y. Alvarez)

Evakuasi misi non tempur dilakukan pada pertengahan Agustus 2021, saat Taliban mengambil alih kekuasaan di Afghanistan, yang menyebabkan kepanikan banyak warga dan ingin eksodus ke luar negeri.

Airman 1st Class Aaron Rasmussen U.S. Air Force operator yang bertugas untuk mengisi bahan bakar pesawat Hornet F/A-18 di atas Afghanistan. (@USAF – Tech. Sgt. Michelle Y. Alvarez)

Pesawat F/A-18 Hornet Angkatan Laut AS sempat berada di atas Afghanistan dan mendekati pesawat KC-10 Extender untuk menerima bahan bakar selama misi mendukung evakuasi non-tempur di daerah itu pada 20 Agustus 2021, ungkap laman USAF, 7 September 2021

Saat itu Departemen Pertahanan AS memutuskan untuk mendukung evakuasi warga negara Amerika, pemohon Visa Imigran Khusus dan individu berisiko lainnya dari Afghanistan.


Pesawat Tempur F/A-18 Hornet AS terbang di atas Afghanistan, 20/8/2021. (@USAF – Tech. Sgt. Michelle Y. Alvarez)

Airman 1st Class Aaron Rasmussen U.S. Air Force dari Skadron Pengisian Bahan Bakar Udara Ekspedisi ke-908, operator boom, bertugas untuk mengisi bahan bakar pesawat Hornet F/A-18 Angkatan Laut AS di atas Afghanistan untuk menerima selama misi pengisian bahan bakar udara yang mendukung evakuasi non-kombatan di daerah tersebut pada 20 Agustus 2021