Jaman Berubah, Sejumlah Negara Berlatih Operasikan Pesawat F-35

Kapal induk terbaru Inggris telah berlayar dari Portsmouth sebagai upaya untuk beroperasi penuh.

HMS Prince of Wales masuk periode pertama pelatihan bersama pesawat tempur siluman F-35 Lightning generasi kelima – dan partisipasi pertamanya dalam latihan militer terbesar di Inggris, Joint Warrior, di lepas pantai Skotlandia, ungkap laman royalnavy.mod.uk, 6 September 2021.

latihan ini akan membuka jalan bagi operasi kapal induk garis depan, dan menguji kemampuannya untuk bekerja bersama aset angkatan laut, Angkatan Udara dan Angkatan Darat Inggris lainnya dan operasi kelompok tugas yang lebih luas.

Pesawat tempur F-35B Inggris. (@HMS Prince of Wales)

Kapal induk baru-baru ini menghabiskan beberapa hari di laut untuk mempelajari hal hal detill setelah beberapa minggu pelatihan intensif di sekitar Inggris – termasuk keberangkatan pertama pesawat tempur siluman F-35 Lightning – dan kunjungan debut ke Gibraltar.

Lima hari di laut dilakukan untuk beberapa pelatihan dek penerbangan dengan helikopter pemburu kapal selam Merlin dari Skuadron Udara 814 Angkatan Laut, pelatihan petugas di atas kapal, memantau kru yang menjalankan pekerjaan mereka di setiap departemen.

HMS Prince of Wales berlayar pada hari Minggu dari Portsmouth untuk kegiatan yang lebih terpadu di laut, di mana dia akan memulai operasi bersama empat pesawat tempur F-35B plus helikopter Merlin – pertama kalinya sebuah kelompok udara jet cepat dan helikopter beroperasi berdampingan dengannya.

Ini adalah “langkah perubahan dalam kompleksitas” untuk melatih penangan yang mengatur pesawat di dek dan hanggar, kontrol terbang yang mengarahkan semua operasi terbang, dan tim teknik yang mempertahankan keadaan pesawat.

Pesawat tempur F-35B Inggris. (@HMS Prince of Wales)

Kapal induk yang berbasis di Portsmouth telah melalui uji coba dan Pelatihan Operasi Laut, menguji 700 awak untuk kemampuan mereka dalam mengoperasikan kapal, melawan kebakaran, menangani kerusakan mekanis, dan menangani masalah dan masalah sehari-hari yang muncul saat kapal perang berada di laut. .

“Kami menguji prosedur, peralatan, dan yang paling penting orang-orang kami dalam persiapan untuk operasi Carrier Strike di masa depan. Banyak pelajaran yang dipetik dan akan diambil ke depan,” kata Kapten Steve Higham, Komandan HMS Prince of Wales.

Pesawat tempur F-35B Inggris. (@HMS Prince of Wales)

Bergandengan tangan dengan pelatihan departemen teknik udara dan udara, bekerja dengan F-35 dari Skuadron 207 akan memberikan generasi Armada Udara Armada baru, dan pilot jet cepat Angkatan Udara Kerajaan Inggis dengan pengalaman yang mereka butuhkan untuk menerbangkan pesawat.

Pesawat tempur F-35 B bagi kapal induk paling canggih di dunia di laut, tonggak penting dalam pelatihan penerbang angkatan laut mana pun.

Operasi F-35 di kapal induk Amerika Serikat

Amerika Serikat juga mulai mengoperasikan pesawat tempur siluman F-35 di kapal induknya.

Carl Vinson Carrier Strike Group (VINCSG) dan Air Wing of the Future mereka, Carrier Air Wing (CVW) 2, beroperasi di Laut Cina Selatan untuk menegakkan penggunaan perairan Indo-Pasifik secara bebas dan terbuka dalam mendukung keamanan dan stabilitas di kawasan.

Ini menandai pertama kalinya kelompok serang kapal induk beroperasi di Laut Cina Selatan dengan kemampuan canggih pesawat F-35C Lightning II dan CMV-22B Osprey Angkatan Laut.

An F-35C Lightning II assigned VFA-147 launches from USS Carl Vinson (CVN 70). (U.S. Navy- MCSN Isaiah Williams)

USS Carl Vinson (CVN 70) launches aircraft during operations in the South China Sea, Sept. 7. (U.S. Navy-MC3 Richard Cho)
“Ketika kami mengerahkan, kami membawa kemampuan siluman, peperangan elektronik, dan pengangkatan vertikal yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Air Wing of the Future dan platform ini telah berhasil,” kata Komandan VINCSG, Laksamana Muda Dan Martin dikutip laman Commander, U.S. Pacific Fleet, 10 Agustus 2021.

Latihan Pesawat Tempur F-35 Australia

Pesawat tempur siluman F-35 RAAF Australia ambil bagian dalam latihan dengan Angkatan Udara Amerika Serikat, dalam Red Flag Alaska 21-3.

Pesawat tempur F-35A Lightning II RAAF, di Eielson Air Force Base, Alaska, United States.(@Royal Australian Air Force)

Red Flag Alaska 21-3 melanjutkan kerja sama RAAF dengan Angkatan Udara AS yang berkontribusi pada kawasan Indo-Pasifik yang stabil dan makmur.

Pesawat tempur F-35A Lightning II RAAF, di Eielson Air Force Base, Alaska, United States.(@Royal Australian Air Force)

Operasi ini adalah latihan luar negeri pertama RAAF untuk F-35A Lightnings yang dikerahkan dari Australia, bersama E-7A Wedgetail dan EA-18G Growler, awak pesawat, dan personel pendukung, ungkap FB RAAF, 4/9/2021.