Pet Baru Kelengkapan Seragam PDU I Tamtama TNI AL

Pet baru Tamtama TNI AL ini memiliki ciri khas prajurit matra laut universal yang dipakai seluruh Angkatan Laut negara di dunia

JakartaGreater   –   Kasal Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan penggunaan Topi/Pet kelengkapan seragam Pakaian Dinas Upacara (PDU) I Tamtama TNI AL saat upacara peringatan Hari jadi ke-76 TNI AL, Jumat 10-9-2021 di lapangan Trisila Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap, Jakarta.

Penggunaan Topi/Pet baru berwarna putih ini ditandai pemasangan Pet oleh Kasal kepada perwakilan Tamtama. Perubahan tutup kepala Tamtama baru dari Dop ke Pet untuk makin menumbuhkan kebanggaan bagi segenap prajurit Tamtama, juga menegaskan kesetaraan mereka pada pelaut-pelaut dunia, ungap situs TNI AL, Sabtu 11 September 2021.

Pet baru Tamtama TNI AL ini memiliki ciri khas prajurit matra laut universal yangd ipakai seluruh Angkatan Laut negara di dunia. Seragam PDU I ini digunakan dalam kegiatan hari-hari besar negara, TNI maupun TNI AL.

Prajurit Tamtama TNI AL selain memiliki seragam PDU I dalam kegiatan melaksanakan tugas sehari-hari, juga memiliki seragam lain yakni, Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan (PDL) TNI dan PDL TNI AL untuk PDL tutup kepala menggunakan baret.

Peringatan Hari Jadi ke-76 TNI AL kali ini mengusung tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.”

Pada kegiatan peresmian penggunaan Topi/Pet kelengkapan seragam Pakaian Dinas Upacara (PDU) I Tamtama TNI Aini, Kasal menyerahkan apresiasi penghargaan kepada para tokoh pendiri TNI AL yang diwakili para ahli waris. Selain itu juga memberikan penghargaan kepada Pangkalan teladan, Lanal teladan, KRI teladan dan Batalyon teladan.

Pangkalan teladan diraih Lantamal IX Ambon, sementara Lanal teladan kelas B oleh Lanal Palu, Lanal kelas C diberikan kepada Lanal Tanjung Balai Asahan, sedangkan KRI teladan diraih KRI Gusti Ngurah Rai-332 dan Batalyon teladan diraih Yonif 2 Marinir.

Di samping itu, disematkan juga penghargaan Bintang Jalasena kepada perwakilan Perwira dan Satya Lencana Kesetiaan 24, 16 dan 8 tahun kepada perwakilan Bintara dan Tamtama.

Rangkaian peringatan hari jadi ke-76 TNI AL juga diisi dengan kegiatan seperti; bakti sosial dan bakti kesehatan, ziarah, program serbuan vaksinasi maritim, penyerahan tali kasih atau bingkisan kepada masyarakat yang membutuhkan serta melaksanakan doa bersama yang dilakukan di tempat ibadah Mako dan komplek TNI AL wilayah masing-masing, untuk mendoakan para pahlawan, leluhur, dan pendahulu TNI AL.