Marinir dan Force Reconnaissance USMC Latihan Operasi Militer Perkotaan

Mengingat bahwa AS sangat kenyang dalam aplikasi MOUT/ Perang Kota berdasarkan Operasi militer yang mereka dilaksanakan sebelumnya, sehingga Tim Taifib Marinir TNI AL sangat antusias dalam menjalani Latihan bersama ini…

JakartaGreater  РMiliter Indonesia dari Prajurit Batalyon Infai Amfibi 1 Marinir (Yon Taifib 1 Mar) TNI AL bersama United States Marine Corps Force Reconnaissance melaksanakan latihan menembak reaksi, Military Operation in Urban Terrain ( MOUNT), serta pendalaman materi tentang Closed Quarter Battle (CQB) pada Kamis 9-9-2021 di Area R226 Camp Pendleton, California, Amerika Serikat.

Mengawali latihan Bersama Reconex 21-I  ini, Tim Taifib Marinir AL dan United States Marine Corps Force Reconnaissance saling bertukar ilmu tentang ke-3 Materi itu. Banyak hal yang sangat menarik untuk dibahas pada Latihan kali ini, mengingat bahwa AS sangat kenyang dalam aplikasi MOUT/ Perang Kota berdasarkan Operasi militer yang mereka dilaksanakan sebelumnya, sehingga Tim Taifib Marinir TNI AL sangat antusias dalam menjalani Latihan bersama tersebut.

Danyontaifib 1 Mar Letkol Marinir Mohammad Abdillah, M.Tr.Opsla selaku Dansatgas Latma Reconex 21- I menyampaikan salah satu materi yang dilaksanakan adalah Military Operations in Urban Terrain (MOUT).

Materi Latihan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pertempuran kota yang disesuaikan dengan perkembangan sistuasi terkini, berupa ancaman global dalam mendukung tugas pokok satuan.

Danyontaifib 1 Mar Letkol Marinir Mohammad Abdillah mengatakan, bahwa Latihan bersama Reconex 21-I menjadi wadah kerja sama antara ke-2 negara, terutama di bidang kemiliteran dan sebagai wahana pertukaran ilmu, bertukar pengalaman dalam tugas operasi dan menambah wawasan.

Force Reconnaissance (FORECON) adalah salah satu pasukan operasi khusus (SOC) Korps Marinir Amerika Serikat yang memasok intelijen militer kepada elemen komando Marine Air-Ground Task Force (MAGTF), komandan satuan tugas pendukung dan unit bawahan Angkatan Laut. Force Recon adalah unit operasi khusus Korps Marinir utama, melakukan pengintaian mendalam dan operasi tindakan langsung untuk USSOCOM.

“Semua tahapan kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan latihan MOUNT tersebut sangat bermanfaat guna pengembangan taktik dan teknik ke depannya , sehingga materi latihan yang dilaksanakan perlu diserap dan dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan serta profesionalisme prajurit Taifib Marinir TNI AL,” ujar Danyontaifib 1 Mar Letkol Marinir Mohammad Abdillah.