Kapal Selam KRI Cakra TNI AL Lakukan Uji Laut Usai Overhaul

Alutsista Kapal selam KRI Cakra 401 mulai melakukan uji kemampuan laut Sea Acceptance Test (SAT) di Laut Jawa, setelah sebelumnya menyelesaikan perbaikan overhaul untuk mengembalikan kinerja kapal selam ini ke kondisi sedia kala.

Di tengah kendala peralatan dan tenaga ahli yang muncul akibat pandemi Covid-19, perbaikan kapal selam TNI AL ini tetap berjalan dan sukses, ungkap laman PT PAL Indonesia, 14 September 2021.

Untuk melakukan Sea Acceptance Test itu, kapal selam ini diberangkatkan dari dermaga PT PAL Indonesia (Persero), Surabaya, Jawa Timur.

Kapal selam KRI Cakra – 401 buatan Jerman ini yang telah dioperasikan sejak 40 tahun lalu dan merupakan pengganti dari KRI Tjakra yang didatangkan dari Uni Soviet pada 12 September 1959.

dok. KRI Cakra-401

KRI Cakra – 401 tercatat telah menunjukkan kemampuan serangnya dengan menghancurkan KRI Karang Galang pada latihan gabungan TNI di perairan Indonesia Timur, tahun 2008 silam.

Kapal selam TNI AL buatan Howaldtwerke-Deutsche Werft (HDW) di Kiel, Jerman ini memiliki panjang 60 meter dengan lebar 6 meter.

Bagian dalam kapal selam terdiri dari beberapa ruang, termasuk ruang mesin, pusat informasi dan tempur, ruang baterai, ruang torpedo berisi 8 tabung dan 6 torpedo cadangan, serta ruang istirahat.

*Foto: Kapal Selam KRI Cakra TNI AL Lakukan Uji Laut Usai Overhaul. (@ PT PAL Indonesia)