Korvet KRI Malahayati-362 Latihan Bombardir Kapal Musuh

JakartaGreater   –  Kapal perang korvet KRI Malahayati-362 yang telah menjalani Program Mid Life Modernization (MLM) di PT PAL Indonesia pada tahun 2019, melakukan latihan peperangan di Laut Jawa.

Latihan pertempuran ini terjadi saat kapal melakukan pelayaran lintas laut menuju daerah latihan di perairan Batam, Selat Singapura dan Laut Natuna, untuk latihan bersama dengan Angkatan Laut Singapura (RSN), Sabtu 11 September 2021.

Korvet KRI Malahayati-362 Latihan Bombardir Kapal Musuh

Kapal perang dari Satuan tugas (Satgas) Latihan Bersama Eagle Indopura 2021 ini berlatih membombardir dan menenggelamkan Kapal Permukaan Musuh, ungkap Penerangan Koarmada II, 13 September 2021.

“Latihan ini sebagai upaya meningkatkan profesionalisme dan menjaga naluri tempur prajurit KRI Malahayati-362. Prajurit diharapkan dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya saat nantinya latihan bersama prajurit Angkatan Laut Singapura (RSN),” ujar Letkol Laut (P) Nurulloh Zemy Prasetyo.

Korvet KRI Malahayati-362 Latihan Bombardir Kapal Musuh

Dalam latihan di Laut Jawa ini KRI Malahayati melakukan serial latihan Peran Tempur Bahaya Permukaan/Atas Air, serta menghadapi ancaman kapal permukaan musuh yang akan menggagalkan target operasi. Kapal musuh disimulasikan dalam bentuk Killer Tomatoyang dijadikan sasaran tembak dalam jarak 2.000 yard atau sekitar 1,8 kilometer.

Korvet KRI Malahayati-362 Latihan Bombardir Kapal Musuh

Kapal perang KRI Malahayati juga berlatih membombardir sasaran dengan peluru meriam 120 mm, 40 mm serta 20 mm, hingga sasaran ditenggelamkan.

Komandan KRI Malahayati-362 Letkol Laut (P) Nurulloh Zemy Prasetyo menyatakan latihan ini dilakukan sebelum melaksanakan latihan yang sesungguhnya bersama militer Singapura.

dok. Korvet KRI Malahayati-362 (@ PT PAL)

Latihan ini juga selaras dengan instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, agar unsur KRI jajaran Koarmada II yang ikut latihan bersama Eagle Indopura 2021 harus menunjukkan kemampuan terbaiknya.

KRI Malahayati-362 telah menjalani Program Mid Life Modernization (MLM) di PT PAL Indonesia pada tahun 2019 untuk 15 item modernisasi mencakup platform, sistem senjata dan komando (sewaco), termasuk modernisasi sistem pendorong kapal.

Modernisasi dengan teknologi terkini juga dilakukan pada combat management system (CMS) dari korvet ini.