16 Pesawat Protector Segera Dongkrak Kemampuan Militer Inggris

Contoh pra-produksi dari Pesawat yang dikemudikan dari Jarak Jauh (Remotely Piloted Aircraft) Protector Inggris telah tiba di langit Inggris sebagai bagian dari persiapan kedatangan The Protector ke Royal Air Force Station Waddington (RAF Waddington).

Protector adalah Sistem Pesawat Terbang yang dikendalikan dari Jarak Jauh yang akan memberikan kemampuan pengawasan penting untuk RAF dan akan dilengkapi dengan seperangkat peralatan pengawasan dan senjata serang presisi untuk digunakan melawan musuh potensial di seluruh dunia, semuanya saat dioperasikan dari RAF Waddington di Lincolnshire.

16 pesawat kini telah dipesan dari General Atomics Aeronautical Systems Inc dan diharapkan mulai beroperasi dengan RAF pada pertengahan 2024, menggandakan kemampuan yang saat ini disediakan oleh Reaper.

Investasi tersebut juga mencakup empat stasiun kontrol darat tambahan dan peralatan pendukung terkait. Semua Remotely Piloted Aircraft Protector akan berbasis di RAF Waddington, Inggris.

new Protector aircraft
Pesawat yang dikemudikan dari Jarak Jauh Protector (SkyGuardian), Inggris. (@ Royal Air Force)

Stasiun udaranya telah dipilih sebagai rumah bagi Pusat Pelatihan Internasional Protector, sebagai bagian dari investasi £ 94 juta untuk perbaikan infrastruktur untuk membantu perumahan pesawat sebelum masuk ke layanan militer pada tahun 2024.

“Hari ini menandai tonggak besar dalam program Protector, membawa kami selangkah lebih dekat untuk memberikan kemampuan terdepan di dunia ini kepada RAF.

“Investasi senilai 94 juta poundsterling ini memperkuat posisi RAF Waddington sebagai pusat ISTAR Inggris, memastikan armada Protector kami dapat beroperasi dengan aman dan efektif selama bertahun-tahun yang akan datang”, Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace, dikutip situs Royal Air Force, 9 September 2021.

Beroperasi musim panas ini dari stasiun Lincolnshire, pesawat SkyGuardian telah menunjukkan sejumlah kemampuannya yang mengesankan sambil juga memberikan informasi penting bagi personel di RAF Waddington yang mempersiapkan kedatangan permanen pesawat pada tahun 2024. SkyGuardian akan dinamai sebagai Protector ketika memasuki layanan Royal Air Force.

Investasi hari ini menandai langkah penting dalam pengembangan teknologi Deteksi dan Menghindar yang revolusioner, yang memungkinkan Protector untuk terbang di wilayah udara dengan aman – sebagai Sistem Pesawat Terbang Jarak Jauh dengan Ketinggian Menengah (MALE) pertama di dunia, Protector akan secara signifikan meningkatkan Intelijen bersenjata RAF, Kemampuan Pengawasan, Akuisisi Target, dan Pengintaian (ISTAR).

pesawat protector SkyGuardian inggris 2
Pesawat yang dikemudikan dari Jarak Jauh Protector (SkyGuardian), Inggris. (@ Royal Air Force)

Program Protector Inggris dan investasi di RAF Waddington merupakan bagian dari komitmen yang diuraikan dalam Makalah Komando Pertahanan untuk memastikan RAF diperlengkapi alautsista untuk menghadapi ancaman di masa depan.

Program ini semakin ditingkatkan dengan peningkatan dana £24 miliar dalam pengeluaran pertahanan selama empat tahun ke depan yang diumumkan oleh Perdana Menteri November lalu.

Kunjungan pesawat SkyGuardian ke Inggris ini memungkinkan untuk penyempurnaan persyaratan yang diperlukan untuk sepenuhnya mengintegrasikan operasi Protector ke Waddington, Inggris, di mana personel akan dapat mengerahkan pesawat ke seluruh dunia kapan pun dan di mana pun dibutuhkan.

Protector akan dapat melakukan misi hingga 40 jam dan terbang di wilayah udara sipil (non-segregated) yang memungkinkannya untuk merespons dengan cepat dan menawarkan fleksibilitas untuk memberikan serangkaian misi militer dan dukungan kepada otoritas sipil, termasuk pencarian dan penyelamatan.

Selama di Inggris, pilot dari GA-ASI telah mengoperasikan pesawat tersebut. Akhir bulan ini mereka akan berpartisipasi dalam Joint Warrior, latihan militer skala besar multi-nasional.

*Foto: Pesawat yang dikemudikan dari Jarak Jauh Protector (SkyGuardian), Inggris. (@ Royal Air Force).

Leave a Comment