3 KRI dan 1 Pesawat TNI AL Latihan Pertahanan Udara di Ambalat

KRI dan Pesawat TNI AL Latihan di Ambalat 5 1

Latihan mliter ini melibatkan KRI Keris-624 dan KRI Layang-635 dari satuan kapal cepat Koarmada II, KRI Pari-849 dari satuan patroli Lantamal XIII/ Tarakan dan satu pesawat CASA NC-212 dari Skadron 600 Wing Udara 2 Puspenerbal

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) bersama Pesawat Udara dari Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II, TNI AL melakukan Latihan bersama di Perairan Karang Unarang, Kalimantan Utara, Kamis, 9 September 2021.

latihan ini Untuk meningkatkan naluri tempur personil serta menguji kesiapan operasional alat utama sistem senjata (alutsista).

KRI dan Pesawat TNI AL Latihan di Ambalat 3 1

KRI dan Pesawat TNI AL Latihan Pertahanan Udara dan RAS Approach di Ambalat

Latihan mliter kali ini melibatkan dua unsur KRI dari satuan kapal cepat Koarmada II yakni: KRI Keris-624 dan KRI Layang-635, satu KRI dari satuan patroli Lantamal XIII/ Tarakan KRI Pari-849, serta satu pesawat jenis CASA NC-212 U-6207 dari Skadron 600 Wing Udara 2 Puspenerbal, ungkap Penerangan Koarmada II, Kamis 15 September 2021.

KRI dan Pesawat TNI AL Latihan di Ambalat 2

3 KRI dan 1 Pesawat TNI AL Latihan Pertahanan Udara di Ambalat

Latihan tingkatan teknis dan taktis ini dipimpin Kepala Staf Guspurla Koarmada II Kolonel Laut Tony Herdijanto yang onboard di KRI Layang-635.

Kolonel Tony mengatakan serial latihan yang dilakukan antara lain: (air defence exercise) dengan mensimulasikan pesawat udara Cassa bertindak sebagai Penimbul Situasi (bulsi) musuh, yang mengancam konvoi kapal yang sedang berpatroli sehingga seluruh unsur melakukan peran bahaya udara.

KRI dan Pesawat TNI AL Latihan di Ambalat

KRI dan Pesawat TNI AL Latihan Pertahanan Udara dan RAS Approach di Ambalat

Adapun yang bertindak sebagai AAWC (Anti Air Warfare Coordinator) adalah KRI Keris 624, yang bertugas mengatur laporan sergapan udara, formasi dan pengarahan senjata pertahanan udara.

latihan berikutnya adalah RAS Approach (RASAP) dan station keeping, yang mana KRI Layang 635 bertindak sebagai kapal penyuplai bahan bakar (auxillary ship), dan KRI Keris-624 serta KRI Pari-849 sebagai kapal penerima.

KRI dan Pesawat TNI AL Latihan di Ambalat 6

KRI dan Pesawat TNI AL Latihan Pertahanan Udara dan RAS Approach di Ambalat

“Serial latihan diakhiri dengan PHOTOEX (pengambilan angel foto dari udara oleh Pesud U6207) dengan latar Karang Unarang, tonggak suar Perbatasan RI-Malaysia di Blok Ambalat”, ujar Kolonel Tony.

KRI dan Pesawat TNI AL Latihan di Ambalat 4

KRI dan Pesawat TNI AL Latihan Pertahanan Udara dan RAS Approach di Ambalat

Dari markas Komando, Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto mengatakan latihan ini untuk meningkatkan kemampuan tempur personil serta mengoptimalkan kerja sama dan koordinasi antar unit KRI dengan Pesawat Udara TNI AL yang beroperasi di bawah kendali operasi Guspurla Koarmada II.

Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kerja sama taktik dan strategi operasi di lapangan yang terus berkembang disesuaikan dengan ancaman dan tantangan yang dinamis dan semakin kompleks.

Leave a Reply