Top! Kapal Perang AH140 akan Digarap RI

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto menyaksikan penandatanganan kontrak pengadaan Kapal Perang Fregat Type 31, Arrowhead 140, yang dilakukan oleh PT PAL Indonesia dan Babcock International, Inggri

JakartaGreater  – Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto menyaksikan penandatanganan kontrak komersial pengadaan Kapal Perang jenis Fregat Type 31, Arrowhead 140, yang dilakukan oleh PT PAL Indonesia dan Babcock International, Inggris.

Penandatanganan pengadaan fregat Arrowhead 140 (AH140) untuk TNI AL ini juga disaksikan Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace MP yang dilakukan di atas kapal perang Inggris, HMS Argyll.

Lisensi desain akan memungkinkan PAL untuk membangun dua fregat Arrowhead 140 di Indonesia dengan modifikasi desain khusus untuk Angkatan Laut Indonesia.

Didampingi oleh Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Inggris Desra Percaya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di London, untuk menghadiri pameran industri pertahanan terbesar Inggris pada Kamis, 16 September 2021, ungkap situs Kementerian Pertahanan RI.

Pameran industri pertahanan DSEI (Defence and Security Equipment Internasional) di ExCel London, berlangsung dari 14 hingga dengan 17 September 2021.

Kedatangan Prabowo Subianto dan delegasi ke DSEI disambut oleh Mark Goldsack, selaku Direktur DIT DSO (Department for International Trade Defence and Security Organisation). Hadir pula Anggota Parlemen Inggris Richard Graham MP yang menjabatsebagai Ketua APPG-I (All-Party Parliamentary Group – Indonesia).

Penandatanganan kontrak pengadaan Kapal Perang jenis Fregat Type 31, Arrowhead 140, oleh PT PAL Indonesia dan Babcock, Inggris

Penandatanganan kontrak pengadaan Kapal Perang jenis Fregat Type 31, Arrowhead 140, oleh PT PAL Indonesia dan Babcock, Inggris. (@Kemhan RI)

Penandatanganan kontrak pengadaan Fregat Arrowhead 140 dilakukan oleh Dirut PT PAL Kaharuddin Djenod dengan pihak Babcock International, Inggris.

“Keindahan produk ekspor kami adalah desainnya yang mudah dialihkan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan sebagai bagian dari portofolio frigat Arrowhead kami yang kuat.”

“Terlebih lagi, lisensi desain dan program pembangunan selanjutnya akan menjadi katalis yang signifikan bagi kemakmuran di Indonesia”.

“Bekerja dengan rekan-rekan kami di Indonesia, kontrak ini akan membuat fregat Arrowhead 140 dibangun di Indonesia, oleh tenaga kerja lokal, berkontribusi langsung pada nilai sosial dan ekonomi komunitas pembuat kapal yang berdaulat dan negara secara keseluruhan”.

“Kami menantikan kesempatan lebih lanjut untuk mendukung PAL saat program ini matang”, ujar  CEO Babcock, David Lockwood.

Lisensi desain kapal fregat ini memungkinkan PT PAL untuk membangun dua fregat di Indonesia dengan modifikasi desain untuk TNI AL.

“Saya senang bisa menghadiri penandatanganan kontrak antara Babcock dan Indonesia di atas kapal HMS Argyll hari ini, mewakili desain dan rekayasa maritim terbaik Inggris kepada mitra internasional kami.

“Menandakan kekuatan hubungan pertahanan kita dengan Indonesia, kedua Angkatan Laut kita akan mengoperasikan fregat terkemuka dunia ini di masa depan dan akan bekerja sama secara erat untuk melindungi kepentingan bersama kita di seluruh dunia.”

“Desain fregat Arrowhead 140, diuntungkan dari bentuk lambung yang telah teruji dan teruji di lingkungan operasional dunia nyata dari NATO dan gugus tugas koalisi hingga operasi regional dan penyebaran nasional”.

“Desain dasar Arrowhead 140 dapat dikonfigurasi untuk memenuhi berbagai persyaratan operasional dan profil fregat global”, ujar Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, dikutip laman Babcock.

Dalam kunjunganya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga mengunjungi berbagai stan Alutsista, serta bertemu dengan sejumlah pimpinan perusahan industri pertahanan, yang meliputi bidang Pertahanan Udara, Pesawat Udara, Kendaraan Autonomous, Meriam Kapal, Kendaraan Lapis Baja, Senjata Perorangan dan Amunisi.

Perusahaan-perusahaan ini merupakan pengagas dalam industri Alutsista yang peralatannya telah digunakan oleh Angkatan Bersenjata di sejumlah negara.

Kapal Perang jenis Fregat Type 31 Arrowhead 140

Kapal Perang jenis Fregat Type 31, Arrowhead 140. (@ Babcock)

Kemampuan Kapal Perang

Fregat Arrowhead 140 merupakan fregat ringan serba guna yang dikembangkan oleh Tim 31, dipimpin oleh Babcock International. Tim 31 terdiri dari sejumlah kontraktor antara lain: Thales Group, Harland and Wolff, BMT, OMT dan Ferguson Marine. Fregat ini diberinama Type-31, untuk dipasok kepada Royal Navy.

Kapal fregat pertama ditargetkan meluncur ke air pada tahun 2023, dengan pengiriman 5 fregat antara tahun 2024 hingga 2028.

Fregat ini ditujukan untuk pengawasan dan pencegatan maritim, kontra-pembajakan, deterrence militer, perlindungan armada laut, misi perang anti-kapal selam, bantuan kemanusiaan dan bencana serta dukungan kelompok tugas tempur.

Fregat memiliki panjang 139,7 meter, lebar 19,8 meter dan draft 4,8 meter, dengan bobot sekitar 5.700 ton. Kapal dirancang untuk membawa lebih dari 160 orang dan dapat beroperasi dengan awak minimal 100 orang.

Desain kapal perang Fregat Type 31 Inggris

Desain kapal perang fregat Type 31 Inggris. (@ savetheroyalnavy.org – @ Babcock)

Fregat Type 31 memasang setidaknya tiga sistem meriam modern untuk menetralisir sejumlah serangan berkelompok target kecil seperti kapal kecil atau UAV/ Drone.

Kapal perang ini juga dilengkapi senjata berat meriam 57 mm Mk 110 yang dapat menembakkan 4 peluru per detik dengan jangkauan sekitar 17 km.

Jenis amunisi dapat dengan mudah dipilih termasuk: Pre-fragmented, Programmable, dan Proximity-fused (3P).

CIWS 20mm Phalanx diganti dengan dua senjata Bofors 40mm Mk 4 yang menghasilkan 5 peluru per detik, dengan jangkauan sasaran 12,5 km. Senjata ini dirancang khusus untuk merespons dengan cepat target di berbagai ketinggian.

Leave a Reply