Dahsyat, Fregat Garapan PT PAL Berkemampuan Serangan Jarak Jauh

Kapal akan dilengkapi dengan Rudal sistem pertahanan udara, dengan spesifikasi peluncur Rudal vertikal jarak sedang (Vertical launcher missile surface to air medium range) 3×8 tabung, peluncur Rudal vertikal ke udara jarak jauh (Vertical launcher Missile Suraface to Air Long range) 4×8 tabung, dan peluncur Rudal vertikal ke permukaan dengan jarak jauh (Vertical launcher missile surface to surface long range) 2×8 tabung yang akan dilakukan proses pemasangan dengan sistem Fit For But Not With (FFBNW).

Perusahaan perkapalan PT PAL Indonesia secara resmi memilih desain kapal perusahaan Babcock untuk dijadikan proyek kapal fregat Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI.

Kapal fregat desain Arrowhead 140 (AH140) ini akan mengusung Main Engine dengan spesifikasi 4 x 9100 kW. Pasokan tenaga ini mampu memacu kapal dengan kecepatan maksimum sampai 28 knot dengan kondisi MCR (full boad). Adapun endurance pada kecepatan 18 knot sejauh 9.000 mil laut atau 16668 kilometer.

Baca juga: Di Laut Natuna, Kapal Perang TNI AL – RSN Latihan Tenggelamkan Kapal Musuh

Kapal Fregat ini nanti juga akan dilengkapi dengan Diesel Generator 4×1360 kW dan emergency D/G 1X180 kW. Untuk kemudahan manuver kapal akan dilengkapi dengan Bow Thruster sebesar 925 kW

Rencananya pembangunan kapal Fregat Arrowhead 140 akan dikerjakan dalam kurun waktu 69 bulan.

Kapal Perang jenis Fregat Type 31 Arrowhead 140
Desain fregat Arrowhead 140 yang akan digarap PT PAL Indonesia (@Babcock)

Kapal juga akan dilengkapi dengan Rudal sistem pertahanan udara, dengan spesifikasi peluncur Rudal vertikal jarak sedang (Vertical launcher missile surface to air medium range) 3×8 tabung, peluncur Rudal vertikal ke udara jarak jauh (Vertical launcher Missile Suraface to Air Long range) 4×8 tabung, dan peluncur Rudal vertikal ke permukaan dengan jarak jauh (Vertical launcher missile surface to surface long range) 2×8 tabung yang akan dilakukan proses pemasangan dengan sistem Fit For But Not With (FFBNW)

Baca juga: Top! Kapal Perang AH140 akan Digarap RI

Dengan ditandatanganinya Licence Agreement antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Rosyth Royal Dockyard Ltd (Babcock) sebagai Penyedia Desain, PT PAL Indonesia (Persero) akan melakukan tahapan pengerjaan dua kapal fregat, yang kedepannya dapat menambah prestasi Indonesia dalam hal kemandirian produksi Alutsista, ungkap IG PT PAL, 18 September 2021.

Waktu efektif kontrak pengadaab fregat ini jatuh pada 24 Mei 2021 dengan pembangunan kapal dikerjakan dalam kurun waktu 69 bulan.

Arrowhead 140 Babcock
Desain fregat Arrowhead 140 yang akan digarap PT PAL Indonesia (@Babcock)

Penandatanganan kontrak pengadaan fregat Arrowhead 140 dilakukan Dirut PT PAL Kaharuddin Djenod dengan pihak Babcock International, pada 16 September 2021, yang disaksikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace, di London, Inggris.

Fregat Arrowhead 140 berfungsi untuk pengawasan dan pencegatan maritim, kontra-pembajakan, deterrence militer, perlindungan armada laut, misi perang anti-kapal selam, bantuan kemanusiaan dan bencana serta dukungan kelompok tugas tempur.

Fregat ini memiliki panjang 139,7 meter, lebar 19,8 meter dan draft 4,8 meter dan bobot sekitar 5.700 ton. Fregat Arrowhead 140 dirancang untuk membawa lebih dari 160 orang dan dapat beroperasi dengan awak minimal 100 orang.

Arrowhead 140 merupakan desain fregat Type-31 yang disiapkan juga oleh perusahaan Babcock untuk Angkatan laut Inggris, Royal Navy.

Leave a Comment