Angkatan Laut Filipina Mulai Pelajari RIM-116

RIM-116 USS Fort Worth

Angkatan Laut Filipina akan diberikan kesempatan untuk melihat dan berkenalan sistem rudal anti-udara RIM-116 (Rolling Airframe Missile) milik AS selama 18-30 Juni 2015 dalam latihan militer dan kerjasama Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) Philippines 2015. Menurut Lt. Liezl M. Vidallon, Angkatan Laut AS akan memperkenalkan senjata itu Angkatan Laut Filipina untuk tujuan sosialisasi.

RIM-116 adalah sistem rudal permukaan-ke-udara yang dipandu infra merah.

Selain latihan meriam, Filipina dan Angkatan Laut Amerika juga akan melakukan latihan penanggulangan kecelakaan helikopter dan latihan penyelamatan, deck-landing qualifications, visit, board, search-and-seizure dan latihan sistem senjata.

CARAT-Filipina 2015 dimulai hari ini dan secara resmi dibuka pada tanggal 22 Juni, di Naval Station Apolinario Jalandoni di Puerto Princesa City, Palawan.

RIM 116 USS Fort Worth US Navy

Latihan maritim ini akan “memperkuat kemampuan gabungan kedua angkatan laut ‘dalam operasi amfibi, operasi khusus, peperangan permukaan, dan perang angkatan laut modern.

BRP Gregorio Del Pilar (PF-15) dan BRP Ramon Alcaraz (PF-16) akan berpartisipasi dalam latihan ersebut. Freedom-class littoral combat ship USS Fort Worth, US Navy juga akan bergabung latihan maritim tersebut.

USS Fort Worth diketahui dilengkapi dengan meriam utama BAE Systems 57 mm , peluncur Raytheon RIM-116 RAM dan dua senjata canon 30 mm Mk 46 Mod 2 Bushmaster .

AngMalaya