Setelah dengan AS, Militer Indonesia Segera Latihan dengan Australia

Setelah dengan AS, Militer Indonesia Segera Latihan dengan Australia

JakartaGreater  – Militer Indonesia dan Australia segera melakukan latihan gabungan Wirajaya Ausindo yang akan digelar di Darwin, Australia.

Untuk kepentingan latihan militer itu, Panglima Kostrad (Pangkostrad), Letjen TNI Dudung Abdurachman menerima kunjungan kehormatan Panglima Divisi 1 Angkatan Darat Australia Major General Justin (Jake) Ellwood, pada Senin, 20-9-2021 di Ruang Kerja Pangkostrad, Jakarta.

Dalam kunjungan ini, Panglima Divisi 1 Angkatan Darat Australia, Major General Justin (Jake) Ellwood didampingi Atase Darat Kedutaan Besar (Kedubes) Australia Colonel Micah Batt, ADC Captain Katherine Joan Clarkson dan Asisten Atase Darat Kedubes Australia WO2 Richard Swaby. Adapun tujuan kunjungan untuk membangun komunikasi dan kerja sama antara Angkatan Darat, khususnya Kostrad dengan Angkatan Darat Australia, ungkap Pen Kostrad.

Baca juga: Di Laut Natuna, Kapal Perang TNI AL – RSN Latihan Tenggelamkan Kapal Musuh

95. Pangkostrad Terima Kunjungan Panglima Divisi 1 AD Australia 3 e1632211705811

Militer Indonesia dan Australia Persiapkan Latihan Wirajaya Ausindo

Major General Justin (Jake) Ellwood mengatakan kunjungan kali ini untuk bertatap muka secara langsung dengan para pejabat Kostrad dan mengenal lebih dekat dengan pasukan elit Indonesia.

Major General Justin (Jake) Ellwood berharap kunjungan ini dapat mempererat hubungan kedua negara, khususnya di bidang latihan, yang mana dalam waktu dekat akan melakukan latihan Wirajaya Ausindo yang melibatkan tentara kedua negara di Australia.

Major General Justin (Jake) Ellwood juga mengapresiasi keterlibatan dan keberhasilan prajurit Zeni Indonesia dalam Satgas penanggulangan kebakaran hutan yang melanda Australia.

Militer Indonesia dan Australia Persiapkan Latihan Wirajaya Ausindo

Militer Indonesia dan Australia Persiapkan Latihan Wirajaya Ausindo

Sementara itu, Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman, berharap kerja sama antara TNI AD – RA Army dalam Joint Exercise, khususnya yang melibatkan satuan dan prajurit Kostrad dapat ditingkatkan di masa mendatang baik dari aspek kuantitas dan kualitas.

“Ke depan, kami juga berencana untuk memberangkatkan prajurit Kostrad untuk mengikuti latihan bersama (Latma) Wirrajaya Aussindo dengan mengirim 152 orang ke Darwin pada tanggal 26 September 2021,” ujar Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman.

Diharapkan dengan kunjungan ini, Panglima Divisi 1 Angkatan Darat Australia memperoleh gambaran selama melaksanakan kunjungan di Indonesia.

95. Pangkostrad Terima Kunjungan Panglima Divisi 1 AD Australia 5 e1632184967637

Militer Indonesia dan Australia Persiapkan Latihan Wirajaya Ausindo

Turut hadir mendampingi Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman ; Kaskostrad Mayjen TNI Ainurrahman, Irkostrad Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, Kapoksahli Pangkostrad, para Asisten Kaskostrad, Kapen Kostrad dan sejumlah pejabat lainnya.

Sebelumnya tanggal 4 hingga 14 Agustus 2021, Prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat (U.S. Army) dan Indonesia (TNI AD) menggelar latihan bersama Garuda Shield 2021 di tiga lokasi di Indonesia: Pusat Latihan Tempur Baturaja (Sumatera Selatan), Amborawang (Kalimantan Timur), dan Makalisung (Minahasa Utara, Sulawesi Utara). Latihan itu diikuti oleh 1.000 Prajurit US Army dan 850 Prajurit TNI AD.

Leave a Reply