Kendaraan Taktis DDF 550 Marinir untuk Peperangan Modern

Militer – Prajurit Batalyon Komunikasi dan Elektronika 1 Marinir (Yonkomlek 1 Mar) melakukan latihan praktek lapangan dengan memeriksa Kendaraan Taktis (Rantis) Digital Direction Finder (DDF) 550 di Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta, Senin, 20-9-2021.

Latihan pemeriksaan kendaraan taktis ini secara rutin dilakukan, baik untuk kesiapan kendaraan maupun alat komunikasi yang terpasang di Rantis DDF 550.

Modul Digital Direction Finding (DDF) yang terpasang di kendaraan taktis Toyota Hi Lux, berfugsi untuk menentukan lokasi dari suatu transmiter lawan dengan panduan sumber transmiter itu sendiri.

Kendaraan Taktis Digital Direction Finder
Kendaraan Taktis Digital Direction Finder Marinir

Digital Direction Finding ini melakukan pemindaian dengan waktu yang sangat cepat untuk menyuplai bandwidth realtime lawan. Selain memiliki akurasi dan sensitivitas, (DDF) 550 juga memiliki kekebalan yang tinggi terhadap pantulan/ refleksi.

Kendaraan taktis ini merupakan alutsista yang sangat penting bagi satuan Yonkomlek 1 Marinir. Teknologi yang semakin berkembang membuat sebagian besar pertempuran di perang modern akan ditentukan oleh keberhasilan perang elektonikanya.

Pemeriksaan kendaraan dan praktik Alat Komunikasi (Alkom) yang terpasang di dalam Rantis sangat penting untuk memastikan sistem kendaraan berfungsi dan dalam kondisi prima, ungkap Dispen Kormar.

Kendaraan Taktis Digital Direction Finder Marinir
Kendaraan Taktis Digital Direction Finder Marinir

Para pengawak kendaraan juga berlatih agar mampu dengan cepat untuk mengoperasikan alat yang terpasang serta tidak ada kendala saat digunakan dalam mendukung operasi penugasan maupun latihan.

Danyon Komlek 1 Mar, Letkol Marinir Seger Birawa berpesan kepada seluruh prajuritnya agar tetap menjaga profesionalisme dalam bekerja serta selalu menjaga dan memelihara alutsista yang dimiliki oleh satuan.

Leave a Comment