Wah, Fregat Type 31 Inggris Mulai Dibangun, Indonesia Kapan?

Desain Kapal Fregat Type 31 Inggris. (@ Royal Navy)

Jakarta Greater – Angkatan Laut Kerajaan Inggris memasuki Era kapal perang fregat Type 31 saat pekerjaan kapal HMS Venturer, dimulai pada Kamis, 23/9/2021. Kapal fregat HMS Venturer adalah yang pertama dari lima kapal yang dibangun sebagai ‘titik tumpu armada masa depan’ dari Royal Navy.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace menghidupkan alat pemotong baja untuk kapal utama Inspiration class ini, di aula perakitan baru di Rosyth.

Dalam waktu dua tahun, fregat Venturer ditargetkan akan berada di air, dan dalam tujuh tahun fregat ini akan bergabung dengan saudara fregat Active, Bulldog, Campbeltown dan Formidable, ungkap laman Royal Navy.

Dengan pekerjaan yang sedang berlangsung di HMS Venturer – dinamai dari kapal selam Perang Dunia 2 yang membuat sejarah dengan memenmabk U-boat dengan torpedo, saat keduanya terendam.

Desain Kapal Fregat Type 31 Inggris. (@ Royal Navy)

Desain Kapal Fregat Type 31 Inggris. (@ Royal Navy)

Proyek pembuatan fregat Type 31 ini berarti galangan kapal Inggris memproduksi dua fregat kelas baru bagi armada garis depan Inggris, untuk pertama kalinya di lebih dari 30 tahun.

Dipisahkan dengan jarak 66 km, tiga fregat Type 26 pertama, yang dipimpin oleh HMS Glasgow, mulai terbentuk di galangan kapal di Govan.

Mereka akan menggantikan kapal Type 23 pemburu kapal selam yang akan mengakhiri masa aktif mereka selama 15 tahun ke depan, sementara HMS Venturer dan empat saudarnya akan menggantikan tugas Type 23, seperti HMS Montrose.

Baca juga: Top! Kapal Perang AH140 akan Digarap RI

Kapal-kapal baru ini diharapkan untuk melakukan tugasnya yang beragam di seluruh dunia sebagai kapal-kapal tulang punggung untuk: deteksi kapal selam, intersepsi dan gangguan aktivitas ilegal di laut, pengumpulan intelijen, keterlibatan pertahanan dan memberikan dukungan kemanusiaan.

Setiap kapal fregat Inspiration class – disebut demikian karena perbuatan mereka atau kecerdikan perancang mereka adalah tonggak sejarah dalam sejarah Royal Navy – akan dilengkapi dengan sistem rudal pertahanan udara Sea Ceptor, meriam utama 57mm dan dua Bofor 40mm, radar 4 Dimensi dan membawa sebuah helikopter ukuran Merlin.

Fregat ini juga akan dapat membawa Sistem Pengiriman Operasional Persisten atau PODS yang direncanakan merupakan jantung dari operasi Angkatan Laut Kerajaan Inggris di masa depan, ‘kotak plug and play’ yang membawa drone, peralatan pemburu ranjau otonom, pusat komando untuk raider atau bantuan kemanusiaan – apa pun yang diperlukan untuk misi tertentu, semuanya dikemas ke dalam kotak berukuran kontainer yang mudah dipasang dan diinstal.

“Ini adalah waktu yang menyenangkan bagi Royal Navy. Type 31 mewakili yang terbaik dari pembuatan kapal Inggris dan dengan desain modularnya akan dapat dikonfigurasi untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Kerajaan dan sekutu kami di seluruh dunia, sekarang dan di masa depan, ”kata Second Sea Lord  Laksamana Madya Nick Hine.

pembangunan fregat type 31 inggris

Pemotongan baja pertama dimulainya pengerjaan Kapal Fregat Type 31 Inggris, 23/9/2021. (@ Royal Navy)

“Type 31 akan beroperasi di seluruh dunia dengan kehadiran berkelanjutan yang semakin menandakan niat kami untuk menjadi angkatan laut global dan kekuatan angkatan laut terkemuka di Eropa.”

Kelima kapal Inspiration class sedang dibangun oleh Babcock masing-masing seharga £250 juta, dengan program yang mendukung 1.250 pekerjaan yang ada di Forth, jumlah yang sama dalam rantai pasokan di seluruh Inggris, dan akan menciptakan 150 pekerja magang baru.

Setelah mengunjungi fasilitas baru di Rosyth, Wallace mengatakan HMS Venturer menawarkan sekilas tentang Angkatan Laut Kerajaan di masa depan.

“Fregat-fregat ini akan menjadi tumpuan kekuatan masa depan yang tangguh untuk: kapal perusak, kemampuan berburu ranjau otonom , kapal pendukung Armada baru, pengawasan laut multi-peran, kapal Bay-class support , kapal selam nuklir Inggris generasi berikutnya dan dua kapal induk kami yang luar biasa.

“Pada tahun 2023 ketika HMS Venturer melepaskan ikatannya dan memasuki air, saya tidak ragu itu akan meniru keberhasilan pendahulunya dan menulis babak gemilangnya dalam sejarah maritim yang terkenal di negara kita”, ujar Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace.

kapal fregat inggris type 31 1

Desain Kapal Fregat Type 31 Inggris. (@ Royal Navy)

Proyek Fregat Type-31 Indonesia

PT PAL Indonesia telah menandatangani kerja sama kontrak pengadaan alutsista kapal fregat Type 31 dengan Babcock Internasional pada pameran DSEI di Inggris, 16 September 2021.

Penandatanggan kontrak komersial antara PT PAL Indonesia dengan Babcock International dalam pengadaan Kapal Perang Republik Indonesia TNI AL fregat Type 31 Arrowhead 140, dilakukan di atas kapal perang Inggris HMS Argyll.

Penandatanggan itu disaksikan oleh Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace.

Dengan lisensi desain yang diberikan Babcock, PT PAL akan membangun dua fregat Type 31 Arrowhead 140 di Indonesia, dengan modifikasi desain untuk TNI AL. Belum diketahui kapan fregat Type 31 Arrowhead 140 ini mulai dibangun oleh PT PAL Indonesia untuk militer Indonesia.

Leave a Reply