Dorong Industri Dalam Negeri, Kemhan India Pesan 118 MBT Arjun Varian Baru

MBT Arjun MK-1A (@Indian Dod)

JakartaGreater – Kementerian Pertahanan (MoD) India memesan 118 Tank Tempur Utama (MBT) Arjun Mk-1A untuk Angkatan Darat India pada 23 September 2021.

Pesanan senilai Rs 7.523 crore ini akan memberikan dorongan lebih lanjut untuk inisiatif ‘Make in India’ di sektor pertahanan dan merupakan langkah besar menuju pencapaian ‘Aatmanirbhar Bharat’, yang dibayangkan oleh Perdana Menteri Shri Narendra Modi.

Perdana Menteri telah menyerahkan MBT Arjun Mk-1A kepada Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal M M Naravane di Chennai pada 14 Februari 2021.

Tank MBT Mk-1A yang canggih adalah varian baru dari Arjun Tank yang dirancang untuk meningkatkan daya tembak, mobilitas, dan kemampuan bertahan.

Dilengkapi dengan 72 fitur baru dan lebih banyak konten asli India dari varian Mk-1, tank ini akan memastikan mobilitas yang mudah di semua medan, selain target yang tepat pada siang dan malam hari.

Tank ini dirancang dan dikembangkan oleh Organisasi Penelitian & Pengembangan Pertahanan (DRDO) dengan menggabungkan berbagai peningkatan pada MBT Arjun, tank tempur utama dalam layanan dengan Angkatan Darat India.

MK-1A dilengkapi dengan daya tembak yang akurat & unggul, mobilitas segala medan, dan perlindungan berlapis-lapis yang tak terkalahkan yang disediakan oleh berbagai sistem teknologi canggih.

MBT Arjun MK-1A (@Indian Dod)

MBT Arjun Mk-1A (@Indian Dod)

Tank ini dapat melumpuhkan musuh dalam kondisi siang & malam dan dalam mode statis & dinamis. Berdasarkan kemampuan ini, MBT asli India ini terbukti setara dengan semua kontemporer di kelasnya di seluruh dunia. Tank ini secara khusus dikonfigurasi dan dirancang untuk kondisi India dan karenanya cocok untuk ditempatkan untuk melindungi perbatasan secara efektif, ungkap laman Kementerian Pertahanan India.

Pesanan produksi ke Heavy Vehicles Factory (HVF), India, akan imembuka jalan besar di bidang manufaktur pertahanan untuk lebih dari 200 vendor India termasuk UMKM, dengan peluang kerja bagi sekitar 8.000 orang. Ini akan menjadi proyek unggulan yang menampilkan kemampuan asli dalam teknologi pertahanan terdepan.

MBT Arjun Mk-1A telah dirancang & dikembangkan oleh Combat Vehicles Research and Development Establishment (CVRDE), bersama dengan laboratorium DRDO lainnya dalam waktu dua tahun (2010-12).

Kegiatan pengembangan dimulai dari Juni 2010 dan tank diterjunkan untuk uji coba pengguna pada Juni 2012. Hanya butuh dua tahun untuk mengembangkan dan menerjunkan MBT Arjun Mk-1A untuk uji coba pengguna dari kebutuhan pengguna.

Evaluasi uji coba ekstensif dilakukan dalam berbagai fase yang mencakup mengendarai 7000+ km (baik dalam uji coba DRDO dan oleh pengguna) serta penembakan substansial berbagai amunisi selama 2012-2015.

Leave a Reply