Latihan Perang Elektronik, Pembom Tempur Su-34 Dijadikan Musuh

JakartaGreater – Pembom tempur multifungsi Su-34 dari divisi penerbangan campuran Distrik Militer Pusat (CVD) Rusia memainkan peran sebagai musuh udara, dalam latihan unit perang elektronik (EW) Distrik Militer Pusat, yang berakhir hari Rabu, 29/9/2021 di Wilayah Sverdlovsk.

Selama latihan, para prajurit di darat bergerak ke daerah-daerah pelatihan dengan melakukan misi tempur dan menyamarkan peralatan khusus mereka. Para spesialis perang elektronik (EW) Distrik Militer Pusat kemudian membuat cover elektronik untuk fasilitas mereka, serta melakukan penangkalan agar tidak terdeteksi oleh sarana pemandu rudal dari pesawat terbang, pengintaian udara dan pesawat tak berawak.

jet tempur su 34 rusia 1
dok. Pembom Tempur Su-34, 18/09/2021. (@ Russian Ministry of Defense Press)

Setelah itu peran dari pengintaian udara dan serangan udara, serta target udara lainnya (perang elektronik) dilakukan oleh pembom tempur Su-34 multifungsi dari resimen campuran divisi udara yang ditempatkan di wilayah Chelyabinsk, ungkap laman Kementerian Pertahanan Rusia, 29/9/2021.

Baca juga: Tanggapan Pakar Rusia Soal Uji Rudal Hipersonik AS

Dalam latihan praktis ini, para spesialis perang elektronik (EW) melakukan deteksi target udara, klasifikasi obyek dan menyembunyikan gelombang elektronik (electronic suppression) dari saluran kontrol mereka untuk sistem panduan dan navigasi, serta kamuflase elektronik terhadap pos komando lapangan mereka.

jet tempur su 34 rusia
dok. Pembom Tempur Su-34, 18/09/2021. (@ Russian Ministry of Defense Press)

Secara total latihan ini melibatkan sekitar 700 personel militer dari unit peperangan elektronik, intelijen dan dukungan darat penerbangan, serta lebih dari 150 unit peralatan militer, termasuk sistem peperangan elektronik Krasukha, Murmansk, Moskow, Zhitel, dan dua Pembom tempur Su-34.

Dalam latihan ini pembom tempur multifungsi Su-34 mengambil peran sebagai sebagai musuh udara, dalam latihan unit perang elektronik di Wilayah Sverdlovsk, Rusia.

Leave a Comment