Rudal Akash Prime Bawa India ke World Class Missile Systems

Rudal itu mencegat dan menghancurkan target udara tak berawak yang meniru pesawat musuh, dalam penerbangan perdana

JakartaGreater – Versi baru dari Rudal Akash – ‘Akash Prime’ telah berhasil diuji terbang dari Integrated Test Range (ITR), Chandipur, Odisha, India, pada 27 September 2021.

Rudal itu mencegat dan menghancurkan target udara tak berawak yang meniru pesawat musuh, dalam penerbangan perdana pengujian setelah perbaikan, ungkap laman Kementerian Pertahanan India, 28/9/2021..

Dibandingkan dengan Sistem Akash yang ada, Akash Prime dilengkapi dengan pencari Frekuensi Radio (RF) aktif asli untuk meningkatkan akurasi.

Perbaikan lainnya juga memastikan kinerja yang lebih andal di bawah lingkungan bersuhu rendah di ketinggian yang lebih tinggi. Sistem darat yang dimodifikasi dari sistem senjata Akash yang ada telah digunakan untuk uji terbang saat ini.

Uji Penerbangan Perdana Rudal Akash Prime
Uji Penerbangan Perdana Rudal Akash Prime India. (@India – Ministry of Defence)

Stasiun jangkauan ITR yang terdiri dari Radar, Electro Optical Tracking System (EOTS) dan stasiun Telemetri memantau lintasan rudal dan parameter penerbangan.

Menteri Pertahanan India, Rajnath Singh mengucapkan selamat kepada DRDO, Angkatan Darat India, Angkatan Udara India, Pertahanan Sektor Publik (DPSU) dan industri atas keberhasilan uji coba Rudal Akash Prime.

Dia menyatakan bahwa uji terbang yang sukses membuktikan kompetensi DRDO dalam desain dan pengembangan sistem Rudal kelas dunia.

Sekretaris DDR&D dan Ketua DRDO Dr G Satheesh Reddy mengucapkan selamat kepada tim atas keberhasilan uji coba penerbangan Akash Prime Missile.

Dia mengatakan bahwa sistem Akash Prime akan semakin meningkatkan kepercayaan pengguna (Angkatan Darat India dan Angkatan Udara India) karena sistem Akash sudah dilantik dan sekarang ditingkatkan dengan rudal yang lebih mematikan.

Leave a Comment