Terma Denmark Upgrade Anti-Submarine Korvet Sigma Indonesia

KRI Sultan Iskandar Muda SIM 367

JakartaGreater – Perusahaan TERMA yang berkantor pusat di Lystrup, Denmark mendapatkan kontrak pada 31 Agustus 2021, untuk memasok sistem Electronic Support Measures (ESM) pihak ketiga yang terintegrasi dengan C-Flex Patrol untuk 6 kapal, ungkap laman Terma, 29-9-2021.

“Kami akan memberikan solusi Electronic Warfare (EW) yang tidak hanya memberikan Angkatan Laut Indonesia kemampuan untuk menangkap, menyusun dan memanfaatkan data EW di beberapa kapal, tetapi juga membawa keuntungan di banyak bidang lain dengan kesamaan dalam desain dan potensi ekspansi di masa depan.

“Sebagai bagian dari keseluruhan desain sistem, kami juga bekerja sama erat dengan spesialis manajemen data EW Inggris, yang akan menyediakan shore station untuk processing data ESM, penyimpanan, dan penyebaran data ESM. Kombinasi solusi sistem ini akan memungkinkan Angkatan Laut Indonesia untuk membangun database ESM yang berfungsi penuh untuk armada mereka” ungkap TERMA.

C-Flex Patrol adalah Sistem Misi Maritim modular yang memperkuat kemampuan operasional kekuatan maritim dengan menyediakan kesadaran situasional dan interoperabilitas untuk kapal yang akan memberdayakan kru untuk secara efektif melakukan dan memenuhi tujuan misi.

C-Flex memberikan tampilan kesadaran situasional real-time yang percaya dan berbagai alat bagi operator untuk memerintahkan, merencanakan, dan membuat keputusan penting dalam misi. Rangkaian sistem maritim dan Naval Seri-C bersifat modular dan terdiri dari: C-Flex, C-Guard, C-Sim, C-Link, dan C-Fire.

C-Guard untuk Korvet Sigma

Pada hari yang sama, TERMA juga dianugerahi kontrak lain untuk peningkatan sistem C-Guard yang ada dengan kemampuan Anti-Submarine Warfare (ASW) untuk Korvet Kelas Sigma Angkatan Laut Indonesia.

Dalam program ini, TERMA juga akan bekerja sama dengan mitra untuk meningkatkan sistem C-Guard AAW (Anti-Air Warfare) yang ada, dengan kemampuan ASW ( Anti-Submarine Warfare).

Program upgrade ASW C-Guard ini merupakan lanjutan dari kontrak upgrade ASW sebelumnya yang diberikan pada tahun 2019 untuk kelas kapal yang sama.

“Bersama dengan mitra kami di Indonesia, kami telah mendapatkan dua kontrak penting untuk Angkatan Laut Indonesia”, ungkap TERMA.

Kantor Layanan dan Operasi TERMA yang baru didirikan di Surabaya akan memainkan bagian penting dari tim pelaksana proyek.

Kedua kontrak ini semakin mengkonsolidasikan posisi dan relevansi kami di Indonesia dan merupakan bukti peran penting Terma Indonesia.

*Foto: KRI Sultan Iskandar Muda (SIM 367) (@ U.S. Navy – Mass Communication Specialist 3rd Class Gregory A. Harden II)

Leave a Reply