4.956 Prajurit TNI Kawal UNAOC Bali

 Posted by on August 26, 2014  Militer
Aug 262014
 

4.956 Prajurit TNI Kawal Konferensi UNAOC di Bali

JAKARTA – Sebanyak 4.956 prajurit TNI diterjunkan mengawal konferensi United Nations Alliance of Civilization (UNAOC) di Bali yang berlangsung pada 29 dan 30 Agustus 2014.

Pengamanan terutama ditujukan kepada Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-Moon, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, dan para delegasi pemuda internasional yang dijadwalkan hadir dalam acara ini.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya yang bertindak sebagai Pangkoopspam VVIP menyatakan 4.956 personel yang diterjunkan berasal dari
Koopspam 46 orang, Kosatgaspam 150 orang, Satgas Intel 100 orang, Satgaspam VVIP 804 orang, Satgaspamwil 1.345 orang, Satgas Hanud 225 orang, Satgasla 400 orang, Subsatgas Pelabuhan 50 orang, Satgasud 225 orang, Subsatgas Bandara 125 orang, Satgas VIP 1.195 orang, Satgas Komlek 61 orang, Satgas Pen/Humas 5 orang, dan Kodam IX/Brawijaya 225 orang.

โ€œMereka semua akan dilibatkan dalam rangka pengamanan VVIP Konferensi UNAOC ke-6 tahun 2014 di Bali,โ€ ujarnya melalui keterangan tertulis.

Guna memastikan semua skema pengamanan berjalan lancar, maka digelar apel kesiapan dan gelar pasukan. Pangkoopspam VVIP Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya diwakili Wapangkoopspam VVIP Irjen Pol A.J. Benny Mokalu, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Apel Gelar Pasukan Pengamanan Koopspam VVIP di Lapangan Lagoon Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (25/8/2014).

Dalam amanatnya Pangkoopspam VVIP menegaskan, apel gelar pasukan ini juga sebagai sarana para Komandan Satuan untuk melaksanakan koordinasi antar unsur di lapangan dalam mengantisipasi kemungkinan berbagai kendala yang dapat terjadi. sehingga mampu meminimalisir potensi ancaman yang mengganggu kelancaran penyelenggaraan forum internasional UNAOC.

Diperlukan kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai komando yang efektif dan efisien agar tujuan maupun sasaran pengamanan baik personel, obyek, rute serta tempat pelaksanaan konferensi dapat tercapai secara optimal.

Dalam apel tersebut juga digelar Alutsista TNI yang digunakan, TNI AD: Heli Bell-412: 2 unit, Heli MI-17 V5: 1 unit, Ran Cuvss/UVIS 3 unit, X-Ray Mobile MB 800: 1 unit, Ran Mercy Z-BV 2 unit, Ransus Jihandak 2 unit, Ransus Lidik Nubika 2 unit, Ran Kawal 8 unit, SPM Kawal 10 unit, SPM Matan 5 unit, SPM Pom (Walping) 10 unit, SPM Pom Kawal Spouse 3 unit, Rantis Anoa 4 unit, Sea Raider 2 unit, dan Jetski 3 unit.

TNI AL: KRI 6 unit, Helli Bell U-417: 1 unit, Paska 4 unit, Tanjung Pandangan 1 Kal, Combat Boat Catamaran 1 unit, Rubber Boat 2 unit, Patkamla 2 unit, Jet Ski 2 unit, Truck 2 unit, Bus 2 unit, Mobil Kawal 2 unit, Motor Kawal 2 unit, Ambulance 1 unit, Sea Raider 4 unit, dan Perahu Karet 2 unit.

TNI AU : Heli MI-35: 1 unit, Pesawat F-16: 4 unit, Pesawat Sukoy 2 unit, dan 1 Satbak Rudal QW 3 Paskhas.

Hadir dalam apel gelar pasukan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Ruslian Hariadi, para Komandan Satuan Tugas yang terlibat dari ketiga Angkatan dan Polri yakni Satgas Pamwil (Kodam IX/Udy), Satgas Pam VVIP (Paspampres), Satgas Pam VIP (Polda Bali), Satgas Laut (Guspurlatim), Satgas Udara (Koopsau II), Satgas Hanud (Kosek Hanudnas II), Satgas Intel (Bais TNI), Satgas Komlek (Satkomlek TNI), Satgas Penerangan (Puspen TNI), jajaran Polda Bali dan Pemerintah Daerah setempat serta unsur pengamanan masyarakat tradisional Bali (Pencalang). (ful/news.okezone.com )

  47 Responses to “4.956 Prajurit TNI Kawal UNAOC Bali”

  1. Lanjutkan…!!!

    • Bali lagi, bali lagi…
      kenapa musti di bali melulu sih….!!!

      Kan masih banyak daerah lain yang gak kalah fasilitasnya…
      kalau ada acara internasional, pemerintah pusat pasti selalu buang ke bali,
      sedikit sedikit di bali, sedikit sedikit di bali….
      gimana daerah lain mau dikenal di manca negara,…..

      apalagi ada oknum2 ormas Bali yang sangat anti dengan satu agama tertentu.
      nyesek lihat bali.,…

    • Dear all,
      Tolong di jaga kata-katanya, saya lahir dan dibesarkan di Bali dan saya non Hindu, sampai saat ini yg saya alami tidak seperti apa yg kalian ucapkan…. Saya sudah tinggal dibeberapa daerah justru gesekan SARA banyak terjadi diluar Bali…. Prostitusi pun lebih banyak ada di luar Bali, jadi jangan asal bicara…..

  2. mantap

  3. Wow

  4. siap ndan…

  5. 4 besar

  6. sukhoi juga ikut, yang mana tuh

  7. bli ngurah mana nih..ditunggu laporan pandangan mata kapal2 ikan di nusa dua nya nih :mrgreen: klo nyang di lanud ane bisa liat sendiri.. ๐Ÿ˜€

  8. Wah, hari ini mau buka JKGR dari Malaysia susah banget..! Dari pagi diblok iklan melulu..! Herannya, blog lain kok gak diblok ya? Capek deh..!

  9. hiyessss nmor sepulooooo

  10. br tau tni au punya mi-35? ??????????
    bung nr msk paspam mana ea?
    ap jg kandang

  11. su 35

  12. Sepertinya jumlah sukhoi indonesia bukan cuma 1 skadron aja deh -_- , gamungkin apa kanan kiri dibawa latihan pesawatnya , psti lebih dri 1 ska pesawat sukhoi dimiliki oleh TNI Au

    • hitung aja semua SU yg dipakai latihan, ada sampa 16 ga, dan tidak mungkin semuanya dipakai, paling juga dipakai delapan atau setengahnya ๐Ÿ™‚

      • Ntar klw keseringan digeber knalpotnya apa ngak jadi cepet overhoul? Hehe. Istilah saya saja. Kecuali motornya banyak jadi bisa gnti2. 1 motor nihh hanya buat mejeng2an sja. Tapi yg khusus fight juga ready banyak, kaliaja klw ada yg mau ajak tarohan.. ๐Ÿ˜€

  13. jailah masak untuk berita resmi “sukoy” hadeuh wartawannya kok pada bodrek semua apa editornya juga

  14. Itu kilo patroli jg lho..

  15. heheheheehe….. :mrgreen: hanya kapal patroli yang bawa pencil aja koq bung akung ๐Ÿ˜€ Dari dermaga Timur bisa dilhat koq

  16. wes moco rek

  17. ADA sukhoi ADA f16, ancaman Dr udara apa yg dikhawatirkan ? Drone? pespur asing? APA disiapkan untuk menghancurkan sasaran d permukaan?

  18. sebagai tuan rumah yg baik harus bisa memberikan rasa aman pada tamu walaupun tidak ada ancaman nyata sekalian latihan koordinasi pasukan dilapangan. btw mana plenkernya ta tunggu seharian ga ada melintas

  19. Kenapa acara ini di laksanakan di indonesia?….

    Kenapa tidak dinegara autralia, singapura atau malaysia?….

    Ada yg bisa nebak untuk jawaban tersebut!…

    Ada kabar dari angin mamiri yang berhembus, mungkin ini pertanda awal Bpk SBY akan duduk di posisi penting dalam perdamaian dunia ๐Ÿ˜€

  20. Rantis ANOA uda dipasang NLAW belum yh?

  21. The Next Sekjen PBB Susilo Bambang Yudhoyono. Amin

  22. Apakah mungkin ada orang indonesia jadi sekjen PBB? Biasanya kan sekjen PBB dari negara kecil …

  23. semoga SBY diangkat menjadi sekjen PBB
    sehingga pembukaan UUD 45 bisa terlaksanakan secara luas

    Aamin

  24. Yup.. bisa jd bpk SBY.. kemungkinan analisis saya jg begitu. SBY punya kans yg bsr utk menjabat sekjen pbb menggantikan ban ki moon. saya ykn us dan anggota pemilik hak veto yg jg bergabung di nato sprt inggris jg setuju kalau Indonesia khususnya bpk sby bersedia menjabat sekjen pbb kedepan. knp saya ykn us dan konconya setuju, krn
    – Politik RI yg non blok bebas dan aktif.
    – Indonesia tdk ada terlibat konflik dgn negara2 lain di dunia.
    – kecendrungan eskalasi yg memanas di prediksi di LCS yg melibatkan bbrp anggota asean.
    – Posisi geografis Indonesia yg bersentuhan dgn LCS dilaut natuna, dan diluar wilayah sengketa klaim kepemilikan di LCS yg di klaim china. membuat posisi Indonesia dimata china lbh dipandang netral dan bisa menjadi penengah didalam mslh LCS kedepannya.
    – Indonesia termasuk salah satu negara besar dgn jumlah penduduk, memiliki militer yg termasuk besar dan pertumbuhan ekonomi yg ckp besar memiliki kelebihan tersendiri.
    – konflik rusia dgn ukraina yg melibatkan nato mendorong nato dan us melirik Indonesia khususnya pak SBY yg sdh diketahui cukup dekat dgn presiden rusia vladimir putin, diharapkan dpt us dan anggota nato termasuk anggota2 pbb yg lain dpt mendinginkan amarah putin tanpa nato dan us merasa malu krn mrk (nato dan us) tdk berhasil atau kata jeleknya tdk berani menurunkan aksi militer sprt biasa yg mrk lakukan kpd negara2 yg lemah dlm militer dan politik selama ini sprt irak yg meng invasi kuwait dulu. dan utk di lCS jg hampir mirip dimana us tdk akan berani turun langsung head to head dgn china di LCS sendirian. US saya prediksi akan berusaha melibatkan Indonesia di sampingnya utk melawan dominasi china, krn mrk tau Indonesia memiliki pasukan yg besar, penduduk yg besar pula dan dgn didukung dgn jiwa2 militan maka sangat cocok utk menghadapi dominasi china di asia pasifik. maka bkn hal aneh akhir2 ini us mulai dekat dan berbaik2 dgn Indonesia dan itu dpt dilihat dgn akan seringnya latihan militer bersama TNI dan kunjungan pejabat dan militer us dgn membawa kado2 yg ajib2 yg dulunya hmpr mustahil dimiliki TNI.

    US melihat hanya Indonesia yg cukup layak utk di adu domba dgn china. US tinggal akan men suport dgn segala macam senjata kpd RI utk menghadapi china. sekaligus meng uji coba senjata2 baru. toh kalau china panik dan kesal lalu menggunakan nuklir, us pasti berpikir yg duluan diserang nuklir adlh jakarta dulu sebelum washington dc. jd mereka melihat jakarta dulu hangus terbakar dan punya ckp waktu utk mengantisipasi misil balistik china. dan punya alasan membalas dgn membom nuklir beijing. akhir kata ujung2nya us ttp utuh dan menang yg hancur adlh Indonesia dan China. devide et impera di era milenium.

 Leave a Reply