Jun 212017
 

Kapal KMC V7 (RRI.co.id)

Ternate – Prajurit Komando Resimen (Korem) 152/Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut) diberikan pelatihan mengenai motoris dan navigator untuk bisa mengemudikan kapal cepat yang merupakan bantuan dari Mabes TNI-AD.

“Ada 20 prajurit TNI Korem 152/Babullah dibekali pelatihan motoris dan navigator, karena bantuan empat unit kapal motor Cepat V7 dari Mabes TNI-AD akan didatangkan ke Malut,” ujar Danden Bekang Ternate Letkol Cba Trisno Yuwono di Ternate, dilansir ANTARA, 20/6/2017.

Letkol Trisno Yuwono mengatakan, pelatihan dilaksanakan oleh personel Detasemen Perbekalan Angkutan Ternate, berupa materi kelas dan praktek lapangan.

Materi yang diajarkan meliputi Standar Operasional Prosedur (SOP), teknik navigasi laut baik menggunakan kompas analog maupun digital, serta penggunaan Global Possitioning System (GPS), dan cara menanggulangi gangguan mesin.

Kapal KMC V7 (photo : Kodam XVI/Pattimura)

Pada praktik lapangan disimulasikan teknik mengemudikan speedboat dan membaca arah gelombang serta cara melintasinya.

Danden Bekang Ternate Letkol Cba Trisno Yuwono menyatakan 4 KMC V7 ini merupakan bantuan dari Komando Atas yang dipergunakan untuk mendukung operasional satuan Koramil di wilayah perbatasan maupun pedalaman.

“Kita ketahui bersama bahwa karakteristik geografis Malut yang kepulauan serta ketersediaan modal transportasi laut yang terbatas sehingga dapat menghambat dalam pelaksanaan tugas,” katanya.

“Untuk itu dilaksanakan pelatihan kepada operator baik sebagai motoris maupun Navigator agar bantuan armada laut tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal,” ujarnya.

  7 Responses to “4 Kapal KMC V7 Perkuat Korem 152 Babullah Ternate”

  1. oalah kapal opo kui mbokya minimal kcr kek biar greget

  2. Kapal sm prajuritnya kok lbh gede prajuritnya…hadeuuhh..kapan ya pemerintah kita bs bikin kapal yg besar, canggih dan modern…kapal cilik2 terus, padahal anggarannya besar, tp yg dibikin kecil2 semua….bingung sm jalan pikir pemerintah…bosen!,

  3. itu speedboat saudara saudara!! buat angkut personel mudik atau main ketempat pacar..lha Maluku Utara kan banyak pulaunya dan jaraknya berdekatan antar pulau..kalau di isi KCR siapa yang mengoperasikannya,lha wong korem anggotanya sedikit

    • Adikku belajad baca lg yah, klo sekeolah jgn suka bolos…itu kan tulisannya kapal kmc v7…mang ada tulisan speed boat kmc v7?? Nah loh…belajar yg banyak ya dik!!,xixi

      • KMC : Kapal Motor Cepat

        Speedboat terdiri dari speed (cepat / kecepatan) dan boat (kapal / perahu)

        Jadi :

        KMC = speed boat.

        Itu untuk Korem : komando resort militer.

        Korem wilayahnya setara dengan Polres.

        Jadi 4 unit speed boat cukup memadai sedangkan 1 unit KCR kegedean.

  4. Rumayan, untuk patroli

  5. Buat smua komen diatas. Itu kl di sini ya Yamaha Vixion yg dipake babinsa2. Disana krn geografisnya dapatnya KMC. Berarti Keren an disana dong.. hhee

 Leave a Reply