4 Kapal Perang Kolinlamil Embarkasi Pasukan Brigif-9 Kostrad

Jakartagreater.com  –  Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan embarkasi pasukan Brigade Infanteri 9/2 Kostrad yang akan mengikuti Latihan Taktis Antar Kecabangan (Lattis Ancab) TNI AD tahun 2020, pada Selasa 3-11-2020 di Dermaga Semampir, Koarmada II, Surabaya, dirilis Situs TNI AL.

Kapal-kapal perang Kolinlamil yang terlibat dalam latihan antar kecabangan TNI AD Kartika Yudha 2020 berasal dari Satlinlamil 1 Jakarta dan Satlinlamil 2 Surabaya. Kapal – kapal perang tersebut berjenis angkut tank dan angkut personel yang terdiri dari :

  1. KRI Tanjung Kambani 971.
  2. KRI Teluk Hading 538.
  3. KRI Teluk Lampung.
  4. KRI Teluk Bintuni.

Kesemuanya melaksanakan operasi dukungan angkutan laut militer yang merupakan bagian dari tugas pokok Kolinlamil, yaitu pergeseran personel dan material untuk operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP).

Dalam Latihan antar kecabangan itu, melibatkan kurang lebih 2767 prajurit dari berbagai kecabangan yang ada di TNI AD. Selain ribuan personel, TNI AD juga mengerahkan 163 Alutsista untuk mendukung pelaksanaan Latihan Ancab kali ini.

Alutsista TNI AD yang dikerahkan dalam latihan ini yaitu :

  1. Tank Leopard, Tank AVLB, Tank ARV.
  2. Ranpur Marder, Ranpur M 113 A1, Ranpur Anoa.
  3. Meriam 23mm/GB, Meriam 76 mm, Meriam 105 mm, Meriam 155 mm.
  4. Roket Astros, Mortir 81.
  5. Heli MI 35, Heli MI 17, Heli Bell 412 .

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) yang akan on board di KRI Bintuni 520 mengatakan dukungan Kolinlamil ini merupakan bagian dari tugas pokoknya yaitu melaksanakan angkutan laut TNI yang meliputi personel, peralatan dan perbekalan, baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis.

Kapal–kapal perang ini, rencananya pada Rabu 4-11-2020 selesai apel kesiapan Latihan Operasi Pendaratan Administrasi 2020 akan menuju Lampung untuk melaksanakan pendaratan tempur dan admnistrasi.

Dalam latihan Operasi pendaratan ini, Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) terdiri dari 8 KRI unsur Angkut, 5 KRI unsur Lindung, 1 KRI penyapu ranjau, 1 heli bell dan 1 heli Panther. Kolinlamil sebagai Kogasgabratmin melibatkan KRI dari Koarmada I, Koarmada II, pasukan Marinir dan Puspenerbal.

TERPOPULER

5 pemikiran pada “4 Kapal Perang Kolinlamil Embarkasi Pasukan Brigif-9 Kostrad”

  1. Bentar lah mau ngakak dulu..Invasi China ?? Wkwkwk numpang ngakak..USA dan konco konconya tidak semudah itu melepas Indonesia ferguso..secara setelah perang nuklir kemungkinan cuma negara2 di sekitar kawasan tropis yg masih berpotensi bercocok tanam ditengah musim dingin Nuklir..Kenetralan Indonesia bakal dipertaruhkan dan dipertahankan semua pihak yg berseteru

      • Saya punya keyakinan ditengah memanasnya politik global sebaiknya raih kesempatan Tot saja diperbanyak, kalau China USA dan konco konconya mau perang ya silahkan saja, nanti kita tinggal muncul di akhir perang dengan setidaknya 60% alutsista bikinan lokal, mungkin saat itu bisa dibilang kita jadi super power, krna mayoritas negara yg terlibat perang tanahnya sudah tidak bisa dimanfaatkan bercocok tanam akibat racun rafioaktif..dan musim dunia berubah ke musim dingin panjang akibat awan nuklir menutupi pancaran matahari ke bumi..dan beruntungnya daerah khatulistiwa krna iklimnya cenderung hangat dibanding daerah lain

Tinggalkan komentar