Feb 022017
 

SatRad 226 Buraen, Kupang NTT (istimewa)

Biak – Markas komando Sektor Pertahanan Udara Nasional IV menargetkan adanya peningkatan operasional selama 24 jam penuh bagi empat satuan Radar TNI Angkatan Udara yang tersebar di Biak, Timika, Merauke dan Saumlaki.

“Prioritas program saya setelah menjabat Pangkosek Hanudnas IV Biak secepatnya untuk menambah jam operasi pengawasan satuan radar dari 18 jam menjadi 24 jam,” kata Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional IV Biak Kolonel Pnb H.Dumax Dharma, 1/2/2017.

Ia mengatakan, untuk menambah operasional satuan radar TNI AU di kawasan Papua dan Maluku menjadi 24 jam maka akan berdampak pada peningkatan jumlah personel prajurit yang akan bertugas.

Penambahan lain yang juga menjadi perhatian Mako Kosek Hanudnas IV yakni adanya penambahan kebutuhan bahan bakar untuk mendukung tugas pelayanan satuan radar setempat.

Disinggung kapan realisasi operasional satuan radar 24 jam, menurut Kolonel Dumax, akan dilakukan secepatnya karena ini menjadi kebutuhan prioritas untuk dapat diwujudkan dalam waktu dekat.

Pangkosek Hanudnas Biak Kolonel Dumax menyebut, empat satuan radar yang berada di bawah operasional Kosek Hanudnas IV menjadi mata dan telinga bagi jajaran TNI Angkatan Udara dalam mengawasi pergerakan pesawat udara yang melintas di wilayah Papua dan Maluku.

Pangkosek Hanudnas Biak Kolonel Dumax mengakui dengan sistem pengawasan satuan radar bisa lebih cepat mencegah dan melakukan tindakan hukum bagi pesawat asing yang terdeteksi melintas.

“Wilayah Papua dan Maluku berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Neugini dan Tomor Leste dan Australia sehingga peran satuan radar TNI sangat strategis dalam membantu pengawasan wilayah udara NKRI,” tegas mantan Asren Kas Koopsau I.

Berdasarkan data Kolonel Pnb H.Dumax Dharma yang belum genap seminggu menjabat Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Naisonal IV Biak merupakan alumni Akademi Angkatan Udara tahun 1988.Budi Suyanto

Antara

Bagikan:

  6 Responses to “4 Satuan Radar Kosek Hanudnas IV Ditingkatkan Beroperasi 24 Jam”

  1.  

    artinya tiap satrad musti punya minimal 2 set radar …

  2.  

    ada yang tau berapa tentara yang baru masuk dinas dan yang pensiun dalam setahun? apakah balenc antara masuk dan keluar :::::::;;;;;;;<<

  3.  

    Membayangkan satelit canggih indonesia bisa menjadi radar anti siluman serba guna, buatan anak bangsa pak josephat 2021.. Lama sekali..

  4.  

    belum seminggu sudah bisa melakukan optimalisasi sistem
    belum lagi rencana penambahan satuan radar,,,,
    sip.

  5.  

    Dan di tunggu pula su35 nya,gpl..

  6.  

    Disandingkan dengan S400 agar fungsinya bs lbh optimal!

 Leave a Reply