Fincantieri Luncurkan Korvet Ketiga untuk Militer Qatar

Korvet AL ZUBARAH CLASS

Trieste, JakartaGreater – Peluncuran teknis korvet ketiga Al Zubarah class, “Al Khor”, yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan Qatar ke Fincantieri, berlangsung di galangan kapal Muggiano, La Spezia, Italia. Kapal perang program akuisisi angkatan laut Qatar ini akan dikirim pada tahun 2022, ungkap laman Fincantieri, 30/09/2021.

Upacara yang diadakan dalam format terbatas sesuai dengan persyaratan protokol kesehatan Coid-19, dihadiri oleh sejumlah pejabat militer Qatar, termasuk Wakil Komandan Angkatan Laut Emiri Qatar dan Komandan Armada Angkatan Laut Qatar. Dari AngkatanLaut Italia hadir Komandan Maritim Angkatan Laut Italia Wilayah Utara, Laksamana Madya Giorgio Lazio, serta Wakil Manajer Umum Divisi Kapal Fincantieri, Marco Acca.

Korvet kelas Al Zubarah, dirancang sesuai dengan aturan RINAMIL (Aturan untuk klasifikasi Kapal Angkatan Laut), sehingga membuat kapal sangat fleksibel dan mampu memenuhi berbagai jenis tugas, mulai dari pengawasan dengan kapasitas penyelamatan laut hingga menjadi kapal perang.

Kapal perang jenis korvet inia akan memiliki panjang sekitar 107 meter, lebar 14,70 meter, dan dilengkapi dengan mesin combine diesel dan diesel (CODAD), dengan kecepatan maksimum 28 knot. Unit kapal ini akan mampu menampung 112 orang di dalamnya.

Selanjutnya, korvet akan mampu mengoperasikan kapal berkecepatan tinggi seperti RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat) melalui derek lateral atau jalur angkut (ramp) yang terletak di buritan. Dek penerbangan dan hanggar akan menampung satu helikopter NH90.

Korvet AL ZUBARAH CLASS karakter

Karakter Korvet Al Zubarah class. (@Fincantieri)

*Foto: Korvet Al Zubarah class. (@Fincantieri)

Leave a Reply