Dahsyat, Kapal Selam Nuklir Rusia Tembakkan Rudal Tsirkon di Bawah Air

Moskow, JakartaGreater  – Kapal selam bertenaga nuklir K-560 Severodvinsk Rusia berhasil meluncurkan Rudal Hipersonik Tsirkon kedua dari Laut Putih ke sasaran di Laut Barents, ujar Kementerian Pertahanan kepada media, Senin 4-10-2021, dikutip TASS.

“Peluncuran uji coba kedua Rudal jelajah hipersonik Tsirkon dilakukan oleh awak kapal selam bertenaga nuklir Severodvinsk Yasen class untuk pertama kalinya di bawah permukaan laut dengan kedalaman 40 meter di Laut Putih untuk menyasar target di Laut Barents.

Menurut pemantauan objektif, penerbangan Rudal dari saat muncul ke permukaan dan mencapai target benar-benar sesuai dengan parameter yang diharapkan,” ujar Kementerian Pertahanan Rusia.

Sebelumnya pada Senin pagi, 4-10-2021, kementerian Rusia mengatakan kapal selam Severodvinsk juga telah berhasil menembakkan Rudal Hipersonik Tsirkon dari posisi permukaan.

Rudal hipersonik tsirkon juga telah diuji dari kapal perang permukaan Admiral Gorshkov, project 22350.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Rudal Hipersonik Tsirkon yang mampu mengembangkan kecepatan Mach 9 dan mencapai target lebih dari 1.000 kilometer jauhnya, akan segera bertugas.

Pada 24 Agustus 2021 , di forum teknis militer internasional Army-2021, Kementerian Pertahanan Rusia menandatangani kontrak untuk memperoleh Rudal Tsirkon. CEO dan kepala desainer NPO Mashinostroyeniya, Alexander Leonov mengatakan kontrak akan dipenuhi pada tahun 2025.

*Foto: dok. Kapal selam bertenaga nuklir K-560 Severodvinsk Rusia.(@commons.wikimedia.org)

Leave a Comment