Sistem Pertahanan Udara S-400 Canggih, Turki Ingin Produksi Komponennya

Moskow, JakartaGreater     –    Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membahas pengembangan kerja sama militer dan teknis bilateral, termasuk perluasan kontak pada sistem Rudal anti-pesawat S-400 Rusia, ujar Juru Bicara Kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov pada hari Kamis, 30-9-2021, dikutip TASS.

Putin dan Erdogan mengadakan pertemuan bilateral pada hari Rabu di kota resor Laut Hitam Rusia, Sochi.

“Mereka berbicara tentang memperluas kerja sama di bidang militer dan teknis serta pemeliharaan dan kerja sama di masa depan mengenai S-400 (sistem pertahanan udara), dan membahas kemungkinan pembuatan komponen tertentu [sistem S-400] di wilayah Turki,” kata Peskov.

Moskow dan Ankara menandatangani kesepakatan pada tahun 2017 tentang pengiriman sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia ke Turki, sehingga menjadikannya anggota NATO pertama yang membeli sistem Rudal pertahanan udara ini dari Rusia.

Keputusan Ankara untuk membeli sistem buatan Rusia membuat marah Amerika Serikat dan NATO. Sejauh ini, Washington tidak melepas upayanya untuk membuat Turki melepas sistem pertahanan udara Rusia.

Turki tidak menyerah pada tekanan AS dan mengatakan akan mempertahankan sistem S-400. Washington telah menanggapi dengan mengecualikan Ankara dari program AS untuk mengembangkan pesawat tempur F-35 generasi kelima.

Presiden Turki Erdogan bersumpah pada Oktober tahun lalu bahwa Ankara tidak akan menyerahkan sistem S-400, meskipun ada tekanan dari Washington.

S-400 ‘Triumf’ Rusia (nama pelaporan NATO: SA-21 Growler) adalah sistem Rudal permukaan-ke-udara jarak jauh dan menengah terbaru yang mulai beroperasi pada tahun 2007.

Sistem ini dirancang untuk menghancurkan pesawat, jelajah, dan Rudal balistik dan juga dapat digunakan melawan instalasi darat. S-400 dapat menyerang target pada jarak hingga 400 km dan pada ketinggian hingga 30 km di bawah tembakan dan gangguan musuh yang intensif.

*Foto: S-400 (@Russia MoD)

Leave a Comment