Turki Pertimbangkan Upgrade F-16 Sebagai Pengganti F-35

pesawat tempur F 16 Turki

JakartaGreater – Turki sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk memperluas armadanya dan mengupgrade pesawat tempur F-16 yang ada sebagai alternatif pembelian jet tempur F-35 terbaru dari AS, setelah kesepakatan itu dibatalkan oleh Washington karena pembelian S-400 Rusia oleh Ankara, kata juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalyn.

“Pilihan pertama kami adalah membeli F-35, dan ini adalah hak kami. Jika krisis dengan Amerika Serikat teratasi, Turki akan masuk kembali ke program dan kami akan menerima F-35 kami. Jika masalahnya tidak terpecahkan, kami akan terus mencari alternatif. Perluasan armada F-16 yang ada dan modernisasinya dapat dianggap sebagai alternatif. Tergantung pada kondisi, keputusan akhir akan dibuat berdasarkan kebutuhan kami, “kata Kalyn dalam sebuah wawancara dengan koran Milliyet, dikutip Sputniknews.com, 12/10/2021

Pesawat tempur F 16 Turki 1

Pesawat tempur F-16 Turki. (@ SAC Helen Farrer – RAF)

Dia menambahkan bahwa pengecualian Turki dari program F-35 “sepenuhnya ilegal dan tidak adil,” dan mencatat bahwa Turki telah membayar Amerika Serikat $ 1,4 miliar untuk berpartisipasi dalam program tersebut.

Pada bulan April, Amerika Serikat dilaporkan mengirim pemberitahuan resmi ke Turki tentang pengecualiannya dari program produksi jet tempur F-35 terbaru karena pembelian sistem pertahanan udara S-400 Rusia oleh Ankara. Tujuh mitra yang tersisa dalam proyek F-35 adalah Inggris, Italia, Belanda, Australia, Denmark, Kanada, dan Norwegia.

*Foto cover: Pesawat tempur F-16 Turki. (@ USAF – Staff Sgt. Jonathan Snyder)

Leave a Reply