Ceko Beli 4 Sistem Pertahanan Udara SPYDER

JakartaGreater – Direktur Jenderal Kementerian Pertahanan Israel (ImoD), Mayjen (Res.) Amir Eshel dan Wakil Menteri Persenjataan dan Akuisisi Ceko, Lubor Koudelka, menandatangani perjanjian GTG (pemerintah-ke-pemerintah) di Republik Ceko, untuk mengirimkan 4 sistem pertahanan udara produksi RAFAEL ke Kementerian Pertahanan Ceko.

Perjanjian ini ditandatangani di bawah bimbingan Sibat, Direktorat Kerjasama Pertahanan Internasional ImoD, dan berjumlah sekitar NIS 2 miliar ($520 juta).

Upacara perayaan diadakan di Praha, Selasa, 5 Oktober 2021), di mana Kementerian Pertahanan Israel dan Ceko menandatangani perjanjian itu.

Ini adalah kesepakatan terbesar yang ditandatangani antara negara ke negara hingga saat ini. Sebagai bagian dari perjanjian yang dipimpin oleh SIBAT, Republik Ceko akan dilengkapi dengan 4 baterai RAFAEL SPYDER, termasuk radar MMR yang diproduksi oleh IAI, ungkap laman Kementerian Pertahanan Israel.

Perjanjian ini berjumlah sekitar NIS 2 miliar ($520 juta) dan termasuk keterlibatan industri pertahanan Ceko. SPYDER adalah sistem pertahanan udara berdasarkan rudal udara-ke-udara Python dan Derby RAFAEL dan dirancang untuk mencegat berbagai ancaman udara termasuk pesawat, helikopter, dan UAV.

Sistem rudal ini akan diintegrasikan ke dalam infrastruktur negara NATO dan akan mempertahankan wilayah udara Ceko. Industri Ceko juga akan terlibat dalam proses yang digariskan dalam perjanjian.

Menteri Pertahanan Ceko, Lubomir Metnar: “Saya sangat menghargai kesediaan Pemerintah Israel untuk berbagi salah satu sistem pertahanan tercanggihnya dengan kami. Ini akan mendorong angkatan bersenjata kita ke abad ke-21 dalam domain pertahanan udara. Saya percaya bahwa ini adalah tonggak sejarah dalam kemitraan strategis jangka panjang kami yang akan membantu untuk memajukannya.”

CEO RAFAEL, Mayjen (Res.) Yoav Har-Even: “Kami memandang perjanjian ini sebagai tonggak strategis bagi penerbangan RAFAEL sistem pertahanan di Eropa. Saya berterima kasih kepada mitra kami di Republik Ceko atas langkah penting ini. Perjanjian ini juga mencakup kontrak pemeliharaan untuk dua dekade ke depan serta produksi lokal – dua tren yang telah ditingkatkan RAFAEL dalam beberapa tahun terakhir.”

*Foto: Sistem Pertahanan Udara SPYDER. (@ Rafael – Israel MoD)

Leave a Comment