Kapal Selam Nuklir AS Tabrak Objek di LCS, China Minta Penjelasan

Bejing, JakartaGreater   –  AS harus menjelaskan kepada masyarakat internasional rincian dari insiden kapal selam nuklir AS USS Connecticut, ketika kapal selam itu bertabrakan dengan objek yang tidak dikenal di Kawasan Indo-Pasifik, ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian pada hari Jumat, 8-10-2021.

“China sangat prihatin atas insiden ini. AS dan negara-negara lain yang terlibat harus memberikan informasi tentang detail yang relevan, termasuk lokasi pasti insiden, tujuan misi ini, detail objek tabrakan, dan apakah ada kebocoran radiasi, atau kerusakan lingkungan lainnya,” kata diplomat itu, dikutip TASS, 8/10/2021.

“AS menunda publikasi informasi tentang insiden ini dan berusaha menutupinya. Tindakan mereka tidak bertanggung jawab dan tidak transparan,” ujar Zhao Lijian menambahkan.

Juru bicara China itu juga mencatat bahwa insiden ini sangat penting di tengah pembentukan kemitraan AUKUS, yang mencakup penyediaan teknologi kapal selam nuklir dari AS ke Australia.

Pada hari Kamis 7-10-2021, Armada Pasifik Angkatan Laut AS melaporkan bahwa kapal selam nuklir USS Connecticut bertabrakan dengan objek tak dikenal saat menyelam di Kawasan Indo-Pasifik, 2/10/2021 dan menambahkan bahwa awak kapal Kapal selam serang cepat kelas Seawolf ini tidak mengalami cedera yang mengancam jiwa dan reaktor nuklir tidak rusak.

Kapal selam tetap dalam kondisi aman dan stabil. Pembangkit dan ruang propulsi nuklir USS Connecticut tidak terpengaruh dan tetap beroperasi penuh. Tingkat kerusakan pada sisa kapal selam sedang dinilai. Angkatan Laut AS belum meminta bantuan dan mengatakan akan menyelidiki insiden itu.

Menurut US Naval Institute (USNI), hampir selusin pelaut terluka setelah kapal selam serangan nuklir AS menabrak objek bawah air yang tidak dikenal di Laut Cina Selatan (LCS).

Seorang pejabat pertahanan mengatakan kepada USNI News sekitar 11 pelaut terluka dalam insiden itu dengan luka sedang hingga ringan. Kapal penyerang sekarang menuju ke Guam dan diperkirakan akan berhenti pada hari berikutnya, kata pejabat itu. Tabrakan bawah laut terjadi di Laut Cina Selatan dan kapal selam nuklir itu telah menuju Guam dengan muncul ke permukaan sejak Sabtu, kata seorang pejabat pertahanan kepada USNI News, 7/10/2021.

Sebuah sumber mengatakan kepada Military Times bahwa “topografi daerah pada saat itu tidak menunjukkan ada daratan di depan kapal,” dan menambahkan bahwa tidak ada indikasi bahwa insiden itu bersifat bermusuhan.

*Foto: Kapal selam nuklir USS Connecticut AS. (@U.S. Navy – Thiep Van Nguyen II)

Leave a Comment