Kunjungan KASAL ke Korvet Visby Class

Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia, Laksamana Ade Supandi, baru-baru ini mengunjungi basis Angkatan Laut Swedia di Karlskrona, di bagian selatan Swedia, 8-9 Juni 2015. Ia disambut oleh Kepala Angkatan Laut Kerajaan Swedia, Laksamana Madya Jan Thörnqvist. Mereka menghabiskan waktu satu setengah hari di pangkalan Angkatan Laut untuk belajar lebih banyak tentang Kapal Komposit yang saat ini dioperasikan oleh Royal Swedish Navy.

Kunjungan ini juga termasuk tur ke Korvet Visby Class dan kapal penyapu ranjau. Selain itu, kedua Kepala Angkatan Laut juga mengunjungi Naval Warfare Centre yang baru yang dilengkapi dengan simulator dan peralatan pelatihan.

Kepala Saab Indonesia, Peter Carlqvist bersama-sama dengan Direktur Senior, Kepala Sistem Tempur Angkatan Laut di Saab, Stefan Hedenstedt, berkesempatan mempresentasikan portofolio Alutsista Laut milik Saab, termasuk Kemampuan penyapu ranjau laut Kockums, serta teknologi Komposit dan Stealth. Mereka juga memaparkan kehadiran Saab dalam kegiatan dan kerja sama dengan Indonesia untuk kapal serang cepat Siluman (Trimaran) sebagai solusi maritim ke Laksamana Supandi.

Laksamana Supandi didampingi oleh delegasi pejabat tinggi TNI AL, termasuk Kepala Penganggaran, Laksamana Madya Agung Pramono dan Kepala Operasi, Laksamana Madya Arie Henrycus Sembiring. Duta Besar Indonesia untuk Swedia, Mr. Dewa Made Juniarta Sastrawa dan Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Ibu Johanna Brismar Skoog, juga berpartisipasi dalam kunjungan ini.