Pesawat AC-130J Ghostrider AS Bersiap Uji Senjata Laser Energi Tinggi

JakartaGreater – Lockheed Martin berhasil menyelesaikan pengujian penerimaan pabrik untuk Airborne High Energy Laser (AHEL), sebagai persiapan untuk pengujian darat dan penerbangan militer AS terhadap sistem itu.

“Penyelesaian tonggak sejarah ini merupakan pencapaian luar biasa bagi pelanggan kami,” kata Rick Cordaro, wakil presiden, Lockheed Martin Advanced Product Solutions. “Tonggak keberhasilan misi ini adalah bukti kemitraan kami dengan Angkatan Udara AS dalam mencapai kemajuan penting dalam pengembangan sistem senjata laser dengan cepat. Teknologi kami siap untuk digunakan hari ini”, ungkap laman Lockheed Martin, 6/10/2021.

Pesawat AC-130J Ghostrider(@ U.S Air Force)

Lockheed Martin mengirimkan subsistem AHEL untuk integrasi dengan sistem lain dalam persiapan untuk pengujian darat dan akhirnya untuk pengujian penerbangan di atas pesawat AC-130J Ghostrider.

Pada Januari 2019, Lockheed Martin dianugerahi kontrak untuk integrasi, pengujian, dan demonstrasi pada pesawat AC-130J Ghostrider dan sedang dalam jadwal cepat untuk melanjutkan pengujian kemampuan ini.

Pesawat AC-130J gunship adalah varian pesawat serangan darat sayap tinggi (high wing) bersenjata berat bermesin turboprop. Pesawat ini versi modifikasi dari pesawat transport C-130 Hercules.

Misi utama AC-130J Ghostrider adalah dukungan udara jarak dekat, larangan udara dan pengintaian bersenjata. Misi dukungan udara jarak dekat termasuk pasukan dalam kontak, pengawalan konvoi dan pertahanan udara titik.

Misi larangan udara dilakukan terhadap target yang telah direncanakan sebelumnya atau target lainnya dan mencakup koordinasi serangan dan rangkaian misi pengintaian dan pengawasan. AC-130J memberikan pasukan darat sebuah platform ekspedisi, tembakan langsung yang kuat, cocok untuk operasi perkotaan dan memberikan amunisi presisi rendah terhadap target darat.

Render artis dari sistem HELIOS Lockheed Martin. (@Lockheed Martin).

Pada Juli 2021, Naval Surface Warfare Center, Divisi Dahlgren memberi Lockheed Martin biaya plus $12 juta, pengiriman indefinite, pengadaan kontrak lima tahun untuk layanan teknis, integrasi, pengujian, dan demonstrasi untuk sistem AHEL.

Senjata laser memberikan keuntungan berupa kecepatan, fleksibilitas, presisi, dan biaya per keterlibatan yang lebih rendah yang hanya mungkin dilakukan dengan laser.

Directed Energy beroperasi sebagai pengganda kekuatan, memungkinkan unit militer untuk melawan berbagai ancaman yang muncul.

Selain itu kelebihan dari Senjata laser adalah tidak terdeteksi dan menimbulkan kejutan terhadap lawan.

Di udara, darat atau laut, kemampuan rahasia laser memungkinkan sebab dan akibat tanpa tanda atau deteksi visual.

Sistem senjata laser Lockheed Martin telah melacak dan mendeteksi target termasuk roket kecil, kapal, UAV, dan truk dengan ketelitian tinggi dan mempertahankan sinar laser dengan waktu yang cukup untuk menghilangkan target.

Leave a Comment