Fregat Jose Rizal-Class Filipina Diperkuat Rudal C-Star dan Mistral 3

BRP Jose Rizal FF 150

JakartaGreater – Sistem pertahanan permukaan ke udara (SAM) Mistral 3 untuk dua fregat JRC (Jose Rizal-Class), BRP Jose Rizal (FF150) dan BRP Antonio Luna (FF151) Angkatan Laut Filipina (PN), telah dikirim ke Bandara Internasional Subic Bay di Bataan pada Jumat, 8 Oktober 2021, ungkap laman Philippine Navy, 10/10/2021.

Pengadaan dan pengiriman Mistral SAM adalah bagian dari Proyek Akuisisi Frigate PN yang dipercayakan kepada Sistem Rudal MBDA yang berbasis di Prancis.

Rudal permukaan-ke-udara adalah salah satu senjata utama FF150 dan FF151 yang mendukung kemampuan perang anti-udara Angkatan Laut Filipina. Kedatangan rudal-rudal ini akan sangat memperkuat frigat JRC Filipina dalam melakukan operasi maritim mereka.

BRP Rizal Simbad RC

Simbad-RC Mistral Missile Launcher of the BRP Jose Rizal (FF-150) Frigate of the Philippine Navy. (@Philippine Navy)

Pada 6 November 2019, MBDA mendemonstrasikan peningkatan kemampuan rudal Mistral 3 dengan berhasil mencegat target bergerak pada jarak lebih dari tujuh kilometer.

Rudal Mistral 3, saat ini dalam pelayanan dengan pasukan Prancis, adalah rudal pertahanan udara yang dilengkapi dengan pencari pencitraan inframerah dan kemampuan pemrosesan gambar yang canggih. Hal ini memungkinkannya untuk menyerang target dengan jejak termal yang rendah seperti: UAV, rudal bertenaga turbojet, dan kapal cepat dalam jarak jauh, sambil memberikan ketahanan yang sangat baik terhadap countermeasures.

mistral

Uji coba Rudal Mistral 3 oleh MBDA, 2019  (@MBDA)

Rudal C-Star

Sementara itu, Philippine Navy Frigate Acquisition Lot 2A, untuk rudal permukaan-ke-permukaan fregat JRC (Jose Rizal-Class), dijadwalkan untuk pengiriman pada Maret 2022.

Pabrikan pertahanan Korea Selatan LIG Nex 1 akan mengirimkan rudal C-Star yang dianggap sebagai senjata permukaan-ke-permukaan utama JRC.

C-Star digambarkan sebagai “rudal jelajah anti-kapal permukaan-ke-permukaan yang meluncur dari laut”, ungkap laman PNA, 11/10/2021.

C Star Missile

SSM-700K Haeseong (C-Star) Anti-ship Missile.(@Rhk111 – commons.wikimedia)

BRP Jose Rizal dan BRP Antonio Luna adalah kapal perang modern yang mampu melakukan peperangan permukaan, bawah permukaan, udara, dan elektronik menggunakan sensor elektronik canggih, rudal jarak jauh, torpedo berpemandu akustik, dan helikopter anti-kapal selam.

BRP Jose Rizal dikirim ke Filipina pada Mei 2020 dan ditugaskan pada Juli tahun yang sama sementara BRP Antonio Luna ditugaskan pada 19 Maret 2021.

Kontrak untuk kedua kapal tersebut ditempatkan pada PHP16 miliar dengan PHP2 miliar lainnya untuk sistem senjata dan amunisi.

*Foto cover: Rudal Mistral (@MBDA)

Leave a Reply