Wow, Resimen Pertama S-500 untuk Pertahankan Moskow Digelar

sistem pertahanan rudal s 500 rusia

JakartaGreater  –   Resimen pertama sistem pertahanan udara canggih S-500 Rusia telah dikirim ke unit militer yang menjaga wilayah udara ibu kota Rusia, Moskow, ungkap sebuah sumber yang dekat dengan Kementerian Pertahanan Rusia kepada TASS, pada Rabu 13-10-2021.

“Resimen pertama sistem pertahanan udara S-500 telah memasuki layanan dengan sebuah unit, yang tugas tempurnya adalah untuk menjaga dan mempertahankan wilayah udara di atas ibu kota negara,” katanya, tanpa menyebutkan unit militer dan tanggal kapan sistem memasuki layanan.

Wilayah udara di atas ibu kota Rusia dan Distrik Industri Pusat dijaga oleh Angkatan Darat Angkatan Udara ke-15 (Tujuan Khusus).

Menurut sumber itu, Resimen S-500 kedua akan diserahkan kepada pasukan Rusia pada paruh pertama tahun 2022. Sumber itu menambahkan bahwa itu adalah “kontrak jangka panjang.”

Wakil Perdana Menteri Yuri Borisov mengatakan pada 16 September 2021 bahwa sistem pertahanan udara S-500 Prometey terbaru telah menyelesaikan uji coba dan peluncur pertama dipasok ke angkatan bersenjata Rusia.

Pada 20 Juli 2021, Kementerian Pertahanan melaporkan bahwa itu telah diuji terhadap target balistik berkecepatan tinggi di rentang pengujian Kapustin Yar di Rusia Selatan.

Diproduksi oleh Almaz-Antey Concern, sistem pertahanan udara S-500 dirancang untuk mengalahkan semua kemungkinan serangan udara dan ruang angkasa oleh musuh potensial di seluruh rentang ketinggian dan kecepatan.

Pelatihan spesialis untuk bekerja dengan sistem ini telah dilakukan sejak 2017. Sistem Pertahanan Udara S-500 akan menggantikan sistem pertahanan udara S-400 Triumph.

*Foto: dok. Uji coba S-500 Rusia (@ Russia MoD)

Leave a Reply