Kapal Kilo Vietnam Mampir ke Laut Jakarta

Tahukah Anda, kapal kapal dari negara negara Eropa yang mau ke Vietnam, Filipina, Malaysia, China, Jepang dan Korea, harus melewati Indonesia.

Indonesia merupakan check point yang harus dilalui, kapal kapal tersebut. Hal ini menunjukkan betapa strategis dan pentingnya Indonesia. Untuk itu, Indonesia juga dituntut bisa mengamankan kawasan laut yang menjadi lintasan kapal kapal internasional.

Contohnya, semua kapal selam Kilo Vietnam yang dibeli dari Kota Petersburg, Rusia, semuanya melewasi laut di kawasan Jakarta, untuk transit ke Singapura dan dilanjutkan ke Vietnam.

Sebagai gambaran, Tanggal 31/1/2015 kapal selam Improved Kilo ketiga Vietnam, Hai Phong” dikirim menggunakan kapal angkut berat “Rolldock Star”

Sebelum tiba di Vietnam tanggal 31 Januari 2015, kapal pengangkut kapal selam itu, terlihat berada di dekat laut Jakarta, tepatnya tanggal 24 Januari 2015.

@7FBTK: Heavy-lift ship “Rolldock Star” with Vietnamese Kilo sub “Haiphong” nearing Jakarta; ETA Singapore: 19:00 GMT Jan 24.

Pada tanggal 8/1/2015, kapal “Rolldock Star” terlacak berada di kawasan Cape Town Afrika.

Kapal pengangkut kapal selam Kilo ini berada di Cape Town, Afrika, setelah menelusuri Sierra Leonne dan Liberia, setelah bertolak dari Petersburg Rusia.

Tidak salah jika Indonesia dinyatakan wilayah poros maritim dunia. Dan untuk itu laut Indonesia harus dijaga dengan kuat (JKGR).