TNI AL dan AL Filipina Adakan Pertemuan Strategis

Filipina e1634346146167

JakartaGreater  –   TNI AL mengadakan pertemuan 12th Navy To Navy Cooperation Meeting (NTNCM) dengan AL Filipina secara luring dan daring  pada Jumat 15-10-2021 di Hotel Le Meridien, Jakarta, dalam rangka menjaga stabilitas keamanan maritim di kawasan dan sebagai perwujudan tugas diplomasi TNI AL, dirilis Situs TNI AL.

NTNCM merupakan forum pertemuan antar ke-2 Angkatan Laut yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan pembahasan pertukaran pandangan strategis dan rencana kerja sama yang meliputi latihan, pendidikan, kunjungan, serta kegiatan lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, TNI AL dipimpin Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksda TNI Dadi Hartanto, M. Tr (Han)., didampingi Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan, beserta perwakilan Kemhan, Kemlu, Mabes TNI, Atase Pertahanan RI di Manila dan beberapa Perwira Staf TNI AL.

Sedangkan pihak AL Filipina bertindak selaku pimpinan adalah Chief of Naval Staff, Commodore Caesar Bernard N. Valencia beserta Perwira Staf AL Filipina.

Laksda TNI Dadi Hartanto pada pembukaan pertemuan menyampaikan bahwa sebagai negara tetangga yang saling berbagi lautan, TNI AL dan AL Filipina harus saling bekerja sama untuk mengamankan wilayah perairannya berdasarkan saling percaya, baik di wilayah masing-masing negara, maupun di kawasan.

Sejalan dengan hal tersebut, Commodore Valencia menyampaikan perlunya kerja sama dan peningkatan hubungan persahabatan antar ke-2 Angkatan Laut, serta dukungan dan penghormatan terhadap gugurnya prajurit TNI AL dalam tragedi KRI Nanggala-402.

Dalam kegiatan 12th NTNCM, ke-2 Angkatan Laut menyepakati untuk melaksanakan latihan Maritime Training Activity (MTA) Philindo pada tahun 2022, peningkatan kerja sama antar Korps Marinir, Officer Exchange Program, inisiasi latihan antar pasukan khusus, kerja sama pendidikan dan melanjutkan forum strategis NTNCM pada tahun 2022.

Forum ini merupakan wujud aplikasi peran TNI AL dalam bidang diplomasi sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dan arahan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dalam Rapat Pimpinan TNI AL 2021 yaitu meningkatkan diplomasi TNI AL.

 

Tags:

Leave a Reply