Thailand Beli Kapal Selam Yuan Class China

Kapal Selam Yuan Class China

Angkatan Laut Thailand memilih kapal selam Yuan Class China untuk memperkuat matra laut mereka, ungkap anggota komite pengadaan kapal selam Thailand.

Mayoritas 17 anggota komite Thailand memilih kapal selam China sebagai penawaran yang terbaik. Angkatan Laut Thailand [RTN] berencana membeli 3 unit kapal Yuan Class, dengan biaya 12 miliar baht per unit. Sebagian kecil anggota Komite memilih kapal produksi Jerman dan Korea Selatan. Selain itu, RTN juga mendapat tawaran kapal selam dari Rusia, Swedia dan Perancis.

Yuan Class China

Sumber dari komite mengatakan penawaran dari China merupakan yang terbaik karena dilengkapi dengan senjata dan teknologi terkini. Selain itu kapal selam yang ditawarkan China mampu bertahan lebih lama di bawah air.

Menteri Pertahanan Thailand Prawit Wongsuwon selaku penanggung jawab proyek kapal selam mengatakan, ada ancaman teritorial yang tumbuh dan meningkat. Dia mengatakan banyak negara tetangga telah memiliki kapal selam.

Jenderal Prawit menambahkan, ia akan maju ke kabinet setelah ada keputusan perihal pengadaan kapal selam untuk RTN.

Sebelum panel membuat keputusan tentang pengadaan kapal selam, Jenderal Prawit mengatakan jika kapal selam tidak dibeli oleh pemerintah saat ini, angkatan laut kemungkinan tidak memiliki kesempatan lagi untuk mendapatkannya, ungkap sumber dari angkatan laut.

Bangkokpost

Nb: Yuan Class bisa dikatakan Copy-an dari KS Amur Rusia.