Keren, Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Simulasi Pembebasan Sandera

Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Simulasi Pembebasan Sandera 3

JakartaGreater – Militer Indonesia dari satuan Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad menggelar simulasi penanggulangan teroris. Latihan dilakukan dengan skenario pembebasan sandera (Bapak Bupati Boyolali) yang ditahan dan dikuasai oleh kelompok teroris.

Latihan simulasi pembebasan sandera ini dilaksanakan sebagai rangkaian penutupan kegiatan latihan Pemantapan Raider, Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad yang bertujuan meningkatkan kemampuan sumber daya Prajurit semakin militan dan profesional dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai Prajurit dengan kualifikasi Raider, ungkap Pen Kostrad, Kamis, 4/11/2021.

Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Simulasi Pembebasan Sandera

Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Simulasi Pembebasan Sandera

Simulasi dimulai dengan adanya kelompok Teroris yang menyabotase acara rapat koordinasi pemerintah di Kantor Bupati Boyolali, Komplek Perkantoran (Terpadu) Kemiri, Kabupaten Boyolali, Selasa (02/11/2021). Sejumlah teroris berhasil menguasai area Kantor Bupati Boyolali dan menyandera beberapa pejabat pemerintah yang sedang rapat.

Mengetahui hal itu, setelah mendapatkan perintah dari komando atas, Danyonif Mekanis Raider 411 Kostrad Letkol Inf Arif Hermad, S.I.P., memerintahkan 2 (dua) tim khusus Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad untuk melaksanakan pembebasan sandera dengan Cepat Senyap Tepat.

Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Simulasi Pembebasan Sandera 2

Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Simulasi Pembebasan Sandera

Pasukan mulai beraksi dengan melakukan serangan menggunakan 4 unit kendaraan Rantis dan 8 unit sepeda motor dengan kekuatan personel terbagi menjadi dua tim, Tim Alfa dipimpin oleh Letda Inf I Komang Adhi S dan Tim Bravo dipimpin oleh Letda Inf Wesly Tanaem.

Namun negosiasi sempat berjalan susah, hingga akhirnya sniper Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad berhasil melumpuhkan tokoh utama teroris dengan jarak sekitar 200 meter.

Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Simulasi Pembebasan Sandera 5

Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Simulasi Pembebasan Sandera

Selanjutnya, sandera yang ditahan oleh kelompok teroris pun berhasil diselamatkan dan dievakuasi dengan menggunakan Kendaraan Rantis menuju tempat yang aman.

Latihan ini disaksikan langsung oleh Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H., Bupati Boyolali M Said Hidayat, Asops Kasdivif 2 Kostrad, Asintel Kasdivif 2 Kostrad, Danbrigif Mekanis Raider 6 Kostrad, Dandim 0724/Boyolali, Kapolres Boyolali, Para Unsur Pejabat Forkompinda Kabupaten Boyolali, para Kasi dan Pasi Brigif Mekanis Raider 6/TSB/2 Kostrad.

Leave a Reply