Konflik Bakal Terjadi di Tapal Batas

Pasukan TNI di Perbatasan (ANTARA /M Rusman)

Kupang – TNI menyatakan, konflik bakal timbul di perbatasan Indonesia dengan Timor Leste. Hal itu terjadi jika persoalan tapal batas di wilayah tersebut tidak segera diselesaikan.

“Jika tidak diselesaikan, ke depannya akan sangat berdampak negatif bagi masyarakat di daerah perbatasan tersebut. Sebab potensi konflik kedua warga negara itu sangatlah besar,” ujar Komandan Korem 161 Wirasakti Kupang Kolonel Inf Heri Wiranto, Senin (29/6/2015).

Heri menambahkan, hanya pemerintah yang berwenang menyelesaikan pesoalan tapal batas itu. Sedangkan pihaknya hanya bertugas menjaga keamanan serta menjaga keutuhan negara.

Untuk mencegah konflik, Heri telah berdialog dengan tokoh-tokoh adat dan agama serta raja-raja di wilayah perbatasan. Hasilnya, mereka juga menginginkan persoalan tapal batas itu segera dituntaskan.

“Ini juga bukan masalah sepele. Sebab masalah ini sudah masuk persoalan antarnegara,” ucap Heri.

Berdasarkan data pada 2010, wilayah perbatasan Naktuka diduduki sekira 44 kepala keluarga asal Oecusse, Timor Leste, sejak 1999. Yakni setelah Timor Leste (waktu itu masih bernama Timor Timur) menyatakan berpisah dari Indonesia. Naktuka berada di wilayah Noelbesi-Citrana, terletak di antara Kabupaten Kupang (NTT) dengan Distrik Oecusse.

Okezone.com