Pesawat Tempur Checkmate Ditargetkan Mulai Produksi Lebih Awal

pesawat tempur checkmate rusia 2021

JakartaGreater – Pasokan jet tempur siluman canggih Checkmate Rusia dapat dimulai pada 2025, atau setahun lebih cepat dari jadwal, ungkap Yuri Slyusar, CEO United Aircraft Corporation Rusia, mengatakan pada hari Minggu, 14 November 2021.

“Tahun 2026 awal suplai. Kita usahakan mulai lebih awal, 2025,” ujarnya dalam Pameran internasional Dubai Airshow 2021 berlangsung di Uni Emirat Arab.

Mesin AL-41F1

Selain itu, Jet tempur bermesin satu Checkmate akan menerima mesin AL-41F1 yang dimodifikasi (Izdelie 117), ungkap Mikhail Nikitushkin, selaku perancang Sukhoi Co (digabungkan ke dalam United Aircraft Corporation, atau UAC, yang merupakan bagian dari perusahaan negara bagian Rostec).

“Mesin yang ada 117 dimodifikasi untuk pesawat satu mesin dalam hal keandalan,” katanya dikutip TASS.

pesawat tempur Checkmate

Prototipe Pesawat Tempur Checkmate. (@ UAC Russia)

Produksi Pesawat

Sementara, Produksi dari beberapa prototipe jet tempur Checkmate telah diluncurkan di kota Komsomolsk-on-Amur di Timur Jauh Rusia, ungkap Yuri Slyusar, CEO United Aircraft Corporation Rusia (UAC, yang tergabung dalam Rostec).

“Pekerjaan produksi beberapa prototipe jet telah dimulai di Komsomolsk secara bersamaan,” katanya.

Awal jet tempur Checkmate

United Aircraft Corporation menghadirkan jet tempur taktis ringan baru Checkmate pertama kali di pameran udara MAKS 2021, di Zhukovskiy, Rusia.

Checkmate menggabungkan sistem paling canggih, termasuk konfigurasi arsitektur terbuka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan teknologi kecerdasan buatan yang unik.

Pesawat tempur bermesin tunggal ini didasarkan pada teknologi siluman dan dilengkapi dengan kompartemen di dalam pesawat untuk persenjataan udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan.

Pesawat tempur akan membawa muatan lebih dari tujuh ton dan akan mampu menyerang hingga enam target sekaligus. Pesawat ini akan mampu terbang dengan kecepatan Mach 1,8 dan akan memiliki jangkauan operasi 3.000 km. Pesawat tempur baru ini diharapkan akan mengudara pada tahun 2023.

Pameran internasional Dubai Airshow 2021 berlangsung di Uni Emirat Arab dari 14 hingga 18 November 2021.

*Foto: Pesawat Tempur Checkmate. (@UAC Russia)

Leave a Reply