Kapal Selam Baru 218SG Singapura Mulai Dikerjakan

Pengerjaan dua kapal selam baru tipe 218SG Angkatan Laut Republik Singapura telah dimulai, ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Singapura, dikonfirmasi IHS Jane pada tanggal 29 Juni 2015.

Pemotongan baja pertama dilakukan di ThyssenKrupp Marine Systems ‘(TKMS’), Kiel Jerman tanggal 24 Juni 2015.

Singapura menandatangani kontrak dengan TKMS untuk pembuatan dua kapal selam berteknologi air-independent propulsion (AIP), pada bulan Desember 2013.

Desain baru ini telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan unik negara Simgapura, termasuk kapasitas mengakomodasi peralatan tambahan untuk memenuhi kebutuhan operasional di masa depan.

Kapal selam ini akan menampung sistem tempur canggih yang dikembangkan bersama oleh Singapore Technologies (ST) Electronics dengan Atlas Elektronik yang berbasis di Bremen.

Rincian kapal selam 218SG muncul di IMDEX 2015. Kapal ini akan memiliki panjang 70 meter, lebar 6,3 meter dan bobot 2.000 ton.

Sebuah sumber mengatakan kepada IHS Jane bahwa Jenis 218SG dikembangkan dari Tipe 214, namun kapal selam baru ini telah diperpanjang untuk mengakomodasi sistem misi tambahan serta untuk mendukung upgrade di masa depan.

Kapal selam juga dikombinasikan dengan “best features” tipe 212A class dan platform tipe 214 class. Sebagai contoh, Jenis 218SG memiliki konfigurasi kemudi buritan mirip dengan Type 212A, yang menawarkan peningkatan kemampuan manuver di perairan pesisir, yang bertolak belakang dengan pengaturan kemudi (rudder) Tipe 214.

“Jenis 218SG juga menggunakan sistem air independent propulsion udara (AIP) yang ada di kapal selam Type 214,” kata sumber itu. Menurut Pakar IHS Jane, kapal selam Type 214-class dilengkapi dengan sistem AIP berdasarkan “a pair of HDW/Siemens polymer electrolyte membrane (PEM) fuel cell modules” yang menghasilkan tenaga 120 kilo watt, untuk setiap modulenya.

Kapal selam 218SG akan menggantikan kapal selam Challenger class RSN (Tipe A 12 Sjöormen) yang sudah tua, yang pertama kali ditugaskan pada tahun 1960 untuk Angkatan Laut Swedia dan diakuisisi oleh Singapura di pertengahan 1990-an.

Janes.com