Saab Bangun Kapal Selam A26 Swedia

Kapal Selam A26 SAAB

Perusahaan Pertahanan dan Pengamanan Saab menandatangani kontrak dengan Badan Material Pertahanan Swedia atau Defence Materiel Administration (FMV) untuk konstruksi 2 unit tipe baru kapal selam A26 dan upgrade untuk dua kapal selam Gotland-class. Pemesanan yang sudah ditandatangi pada saat ini akan berlaku untuk 2015-2024 dengan angka yang mencapai 8.6 milyar SEK.

Saab akan membangun dan memproduksi 2 tipe baru kapal selam A26 untuk Angkatan Laut Swedia yang bernilai 7.6 milyar SEK. Penyelesaian akan mulai di 2022 sampai dengan 2024.

Saab juga akan melakukan upgrade ke kapal selam Gotland-class milik Swedia, termasuk pemeriksaan dan pembaruan combat system. Nilai dari proyek ini adalah 2.1 milyar SEK. Kapal selam yang akan diperbarui ini akan diselesaikan pada akhir tahun 2018 dan akhir tahun 2019.

Saab mendapatkan pesanan untuk pengadaan sub-sistem mengenai kontrak ini di tahun 2014 dan 2015. Pemesanan ini bernilai 1.1 milyar SEK. Nilai total semua proyek ini adalah 8.6 milyar SEK.

Pemesanan ini adalah bagian dari Letter of Intent mengenai kapabilitas bawah laut Angkatan Laut Swedia.

“A26 akan menjadi kapal selam yang unik dan berteknologi tinggi dengan desain modular yang teruji, dapat juga menjadi solusi yang hemat biaya keseluruhan. Kapal selam ini akan mempunyai performa ketahanan dibawah laut dan manuveribilitas yang handal di semua daerah perairan. Keamanan adalah salah satu yang terpenting, ketahanan A26 juga dibantu oleh sistem teknologi siluman bawah laut dan design yang anti getaran. Sangat bangga untuk memimpin proyek ini,” kata Gunilla Fransson, Kepala area bisnis Saab untuk Solusi Keamanan dan Pertahanan.

Kapal selam tipe A26 untuk Angkatan Laut Swedia ini mempunyai program kapal selam paling modern di dunia. Kapal selam ini akan bertenaga diesel-elektrik dan dilengkapi sistem Stirling AIP (air-independent propulsion) dari Kockums. Sistem Stirling ini akan membuat tipe A26 berkemampuan untuk mode siluman dan susah untuk dideteksi.

Upgrade dari 2 kapal selam Gotland-class termasuk perbaikan yang diperlukan untuk kebutuhan operasional masa depan. Pemesanan ini juga termasuk dari pengadaan material, platform modifikasi, sistem pembaruan dan pengujian.

Kapal selam ini akan dirancang dan dibuat di fasilitas Saab di Malmö, Karlskrone, Järfälla dan Linköping di Swedia.

SAAB